DETAIL DOCUMENT
KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA SMP DALAM MENYELESAIKAN SOAL ARITMATIKA SOSIAL TIPE HOTS BERDASARKAN GAYA KOGNITIF
Total View This Week0
Institusion
Universitas PGRI Semarang
Author
Khumairoh, Siti
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2024-01-22 03:04:47 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan pemahaman konsep matematis siswa SMP dalam menyelesaikan soal aritmatika sosial tipe HOTS berdasarkan gaya kognitif. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Dari 24 siswa kelas VII B SMP Kesatrian 1 Semarang diambil 4 orang siswa dengan masing-masing 2 siswa yang mewakili gaya kognitif field independent dan field dependent. Data dikumpulkan dengan memberikan tes GEFT, tes masalah aritmatika sosial tipe HOTS, dan wawancara untuk mendalami pemahaman konsep dengan indikator: (1) menyatakan ulang sebuah konsep, (2) mengelompokkan objek-objek berdasarkan terpenuhi atau tidaknya syarat minimum dalam menentukan konsep, (3) memberi contoh dan bukan contoh dari suatu konsep, (4) menyajikan konsep dalam bentuk representasi matematika yang berbeda, (5) mengaplikasikan konsep atau algoritma dalam memecahkan masalah. Teknik analisis data dilakukan dengan 3 tahapan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data yang digunakan oleh peneliti adalah triangulasi sumber yaitu peneliti membandingkan ulang data yang diperoleh dari sumber yang berbeda hingga didapatkan hasil yang sesuai. Dengan memperhatikan gaya kognitif yang dimiliki oleh para subjek, dilakukan pengembangan analisis berdasarkan indikator pemahaman konsep. Hasil dari penelitian ini adalah subjek dengan gaya kognitif field independent mampu memunculkan kelima indikator pemahaman konsep. Sedangkan subjek dengan gaya kognitif field dependent tidak memunculkan indikator pemahaman konsep sama sekali. Kata Kunci: pemahaman konsep matematis, aritmatika sosial tipe HOTS, gaya kognitif. 
Institution Info

Universitas PGRI Semarang