DETAIL DOCUMENT
IDENTIFIKASI VEGETASI DI AREA RAWAN LONGSOR PEGUNUNGAN LIO DI KABUPATEN BREBES SERTA IMPLEMENTASINYA SEBAGAI E-MODUL PEMBELAJARAN KEANEKARAGAMAN TUMBUHAN
Total View This Week0
Institusion
Universitas PGRI Semarang
Author
Sari, Meliya Purnama
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2024-01-22 03:23:25 
Abstract :
Penelitian ini dilatar belakangi adanya fenomena tanah longsor di berbagai wilayah di Indonesia. Selain itu, area pegunungan Lio Kabupaten Brebes memiliki potensi sebagai sumber untuk pembuatan bahan ajar materi pembelajaran Biologi keanekaragaman tumbuhan di SMA kelas X. Tujuan penelitian ini adalah: 1) mengetahui jenis-jenis vegetasi yang dapat mencegah terjadinya tanah longsor di daerah pegunungan Lio; dan 2) mengetahui penerapan bahan ajar dalam E-Modul pada pembelajaran siswa SMA kelas X yang berkaitan dengan keanekaragaman tumbuhan. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh vegetasi yang dapat mencegah terjadinya tanah longsor di area Pegunungan Lio. Sampel penelitian ini adalah vegetasi rumput, semak, dan pohon yang dapat mencegah terjadinya tanah longsor di area pegunungan Lio Kabupaten Brebes. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik sampling purposive. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan metode analisis data kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa vegetasi tumbuhan yang hidup dan tumbuh di area tanah longsor pegunungan Lio Kabupaten Brebes, antara lain: vegetasi rumput, vegetasi semak, dan vegetasi pohon. Vegetasi rumput yang paling banyak hidup dan tumbuh, yaitu: meniran, rumput kerbau, sambiloto, dan bandotan. Vegetasi semak yang paling banyak hidup dan tumbuh, yaitu: sidaguri, sembung rambat, secang, dan jarong. Vegetasi pohon yang paling banyak hidup dan tumbuh, yaitu: kersen, jati, lamtoro, dan ketapang. Penerapan bahan ajar dalam E-Modul pada pembelajaran siswa SMA kelas X yang berkaitan dengan keanekaragaman tumbuhan dilakukan selama 4 x 60 menit dengan materi vegetasi tumbuhan rumput, semak, dan pohon. Adapun Kompetensi Dasar: 1.1 Mengagumi keteraturan dan kompleksitas ciptaan Tuhan tentang keanekaragaman hayati, ekosistem dan lingkungan hidup. 1.3 Peka dan peduli terhadap permasalahan lingkungan hidup, menjaga dan menyayangi lingkungan sebagai manisfestasi pengamalan ajaran agama yang dianutnya. Kata kunci: vegetasi tumbuhan, e-modul, keanekaragaman tumbuhan 
Institution Info

Universitas PGRI Semarang