DETAIL DOCUMENT
PENERAPAN PROJECT BASED LEARNING MELALUI TEKNIK BERMAIN UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN FISIKA KELAS X MAN 2 KOTA SEMARANG
Total View This Week0
Institusion
Universitas PGRI Semarang
Author
Hidayah, Siti Nur
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2024-01-22 03:22:15 
Abstract :
Melatihkan kemampuan kreativitas siswa melalui proses pembelajaran adalah upaya yang menantang. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengaruh model Project Based Learning melalui Teknik bermain untuk meningkatkan kreativitas siswa fisika di MAN 2 Kota Semarang pada pokok bahasan Hukum Newton. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode quasi eksperimen. Desain penelitian menggunakan desain nonequivalent control group design. Instrumen penelitian berupa angket kemampuan kreativitas siswa yang telah divalidasi oleh ahli. Hasil penelitian menunjukkan ada pengaruh signifikan perlakuan terhadap kemampuan kreativitas siswa. Hasil analisis uji t pihak kanan siswa diperoleh hasil yaitu 1,6115 < 1,7109 maka Ho diterima dan Ha ditolak. Sedangkan hasil analisis uji gain diperoleh gain ternormalisasi kelas eksperimen sebesar 0,713589 dan gain ternormalisasi kelas control sebesar 0,660799 maka kedua kelas tersebut mengalami peningkatan kreativitas kategori tinggi. Berdasarkan hasil penelitian ini data disimpulkan bahwa project based learning mempunyai pengaruh signifikan terhadap kemampuan kreativitas siswa kelas X MAN 2 Semarang. Kata kunci : Project Based Learning, Kreativitas, Hukum Newton 
Institution Info

Universitas PGRI Semarang