DETAIL DOCUMENT
STRATEGI MEMPERTAHANKAN EKSISTENSI PENJUALAN BATIK TULIS LASEM (STUDI KASUS : KECAMATAN LASEM, KABUPATEN REMBANG)
Total View This Week0
Institusion
Universitas PGRI Semarang
Author
Qomariyah, Siti Nur
Subject
HB Economic Theory 
Datestamp
2024-01-22 03:24:29 
Abstract :
Siti Nur Qomariyah, ?Strategi Mempertahankan Eksistensi Penjualan Batik Tulis Lasem (Studi Kasus : Kecamatan Lasem, Kabupaten Rembang)?. Skripsi Program Studi Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ilmu Pengetahuan Sosial dan Keolahragaan, Universitas PGRI Semarang. 2023. Penelitian ini dilatar belakangi turunnya penjualan batik tulis lasem pada bulan Oktober 2022 ? Februari 2023. Rumusan pada penelitian ini yaitu bagaimana UMKM dapat mempertahankan eksistensi penjualan batik lasem. Metode penelitian yaitu deskripsi kualitatif. Informan dalam penelitian ini adalah produsen batik tulis Ningrat Batik Lasem dan juga Oemah Batik Lasem. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Sedangkan analisis data ini menggunakan pengumpulan data, kondensasi data, display data, dan pengambilan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi yang dapat mempertahankan penjualan yaitu dengan penjualan yang bargabung dengan e-commerce dan juga menggunakan strategi pemasaran 4P, yaitu Produk, Harga, Promosi, dan Tempat. Didalam sebuah promosi terdapat elemen dimana elemen tersebut melingkupi konsep komunikasi pemasaran terpadu atau Integrated Marketing Communication (IMC) yang memiliki tujuan untuk menambah kenaikan pada penjualan. Selain itu untuk mengomptimalkan penjualan pada strategi tempat terdapat 2 aspek, yaitu tempat fisik dan non fisik. Tempat non fisik yang dimaksudnya yaitu bergabung dengan e-commerce, seperti Instagram, Facebook, Tiktok, Shopee, dll. Kata kunci: E-Commerce, Strategi Pemasaran, dan IM 
Institution Info

Universitas PGRI Semarang