DETAIL DOCUMENT
PENGEMBANGAN ASSESMEN AWAL IPA BERBASIS STEM MATERI SISTEM TATA SURYA UNTUK SISWA FASE C SEKOLAH DASAR
Total View This Week0
Institusion
Universitas PGRI Semarang
Author
HIDAYAH, MELYSA LAILATUL
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2024-01-22 03:25:53 
Abstract :
MELYSA LAILATUL HIDAYAH. NPM 19120171. ?Pengembangan Assesmen Awal IPA Berbasis STEM Materi Sistem Tata Surya Untuk Siswa Fase C Sekolah Dasar?. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas PGRI Semarang. 2023. Dosen Pembimbing I: Sukamto, S.Pd., M.Pd Dosen Pembimbing II: Dr. Siti Patonah, M.Pd. Latar belakang penelitian ini adalah belum adanya Pengembangan Assesmen Awal IPA Berbasis STEM Materi Sistem Tata Surya Untuk Siswa Fase C Sekolah Dasar agar siswa bepikir secara kreatif. Hal tersebut dikarenakan biasanya asesmen awal IPA berbasis STEM dikembangkan untuk tingkat SMP/SMA, masih jarang yang mengembangkan pada tingkat Sekolah Dasar. Materi sistem tata surya pada kelas VI juga termasuk dianggap sulit bagi peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk 1) menghasilkan assesmen awal materi tata surya berbasis STEM yang akan diujikan pada siswa tahap C dalam pembelajaran IPA. 2) Validasi kelayakan asesmen awal berbasis STEM pada materi tata surya untuk mengembangkan cara berpikir siswa fase C dalam pembelajaran IPA. Metode yang digunakan adalah pengembangan atau disebut juga RnD dan jenis penelitian yang digunakan adalah model ADDIE. Hasil penelitian yang dilakukan peneliti adalah untuk mendapatkan data yang valid yang akan digunakan sebagai bahan penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa semua item memiliki kategori sedang hingga tinggi untuk indeks Aiken (0,78 hingga 0,82). Sedangkan berdasarkan analisis Rasch Model, nilai Measure (-1.48 hingga +1.63), nilai SE Model (0.46 hingga 0.60) nilai MNSQ Outfit (0.55 hingga 1.46), nilai Outfit ZSTD, nilai Outfit Pt mean core (0.13 hingga 1.63) , item and person reliability (0,49 dan 0,46) sedangkan Cronbach's alpha (0,60). Dengan demikian butir-butir tersebut memiliki nilai reliabilitas yang cukup baik, sehingga butir-butir tersebut dapat digunakan dalam penilaian IPA berbasis STEM awal bagi siswa kelas VI pada materi tata surya tahap C di sekolah dasar. Kata kunci: Asesmen awal, STEM, IPA, siswa kelas VI, Tata Surya 
Institution Info

Universitas PGRI Semarang