DETAIL DOCUMENT
ANALISIS LITERASI DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS KELAS IV DI SD NEGERI SUMBEREJO KECAMATAN JAKEN KABUPATEN PATI TAHUN PELAJARAN 2022/2023
Total View This Week0
Institusion
Universitas PGRI Semarang
Author
Sumarni, Siti
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2024-01-22 03:30:33 
Abstract :
SITI SUMARNI. NPM 19120230. ?Analisis Literasi dalam Pembelajaran Bahasa Inggris Kelas IV di SD Negeri Sumberejo Kecamatan Jaken Kabupaten Pati Tahun Pelajaran 2022/2023?. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang. 2023. Latar Belakang yang mendorong penelitian ini adalah Bahasa Inggris yang termasuk bahasa yang penting di era ini, karena merupakan bahasa Internasional dan saat ini masih banyak siswa kelas IV pada satuan Pendidikan Sekolah Dasar masih kebingungan dalam memahami, membaca, menulis, menyimak dan berbicara yang baik dan benar dalam berbahasa Inggris. Permasaalahan dalam penelitian ini adalah 1) Apa saja bentuk-bentuk kemampuan literasi pembelajaran bahasa Inggris? 2) Bagaimana tingkat kesulitan pengetahuan peserta didik kelas IV dalam berliterasi saat pembelajaran bahasa Inggris? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bentuk dan tingkat kesulitan pengetahuanm berliterasi dalam pembelajaran bahasa Inggris. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskripsi. Sumber data dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru bahasa Inggris kelas IV dan peserta didik kelas IV SD Negeri Sumberejo Kecamatan Jaken Kabupaten Pati. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Keabsahan data dilakukan dengan cara triangulasi teknik. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa bentuk-bentuk kemampuan literasi dalam pembelajaran bahasa Inggris sudah mencakup 4 aspek bentuk literasi dasar yaitu listening (menyimak), speaking (berbicara), writing (menulis), dan reading (membaca) di lihat dari analisi data mengenai buku paket yang digunakan untuk pembelajaran sudah mencakup 4 aspek bentuk literasi pembelajaran bahasa Inggris. Tingkat kesulitan pengetahuan peserta didik dalam berliterasi bahasa Inggris siswa mengalami kesulitan dalam speaking (berbicara) di lihat dari analisis data wawancara, angket dan observasi pembelajaran bahasa Inggris bahwa siswa masih kesusahan mengenai kosakata (vocabulary) dalam pengucapan. Berdasarkan penelitian ini saran yang disampaikan adalah hendaknya melakukan peningkatan literasi khusus speaking (berbiacara) bahasa Inggris seperti membiasakan siswa untuk berlatih berbiacara bahasa Inggris, meningkatkan sarana prasarana seperti pojok baca, media pembelajaran yang menarik dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar bahasa Inggris. 
Institution Info

Universitas PGRI Semarang