DETAIL DOCUMENT
PENGEMBANGAN SCRAPBOOK BERBASIS PERMAINAN EDUKASI UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATERI BILANGAN KELAS 1 SDN 1 TUNJUNGAN
Total View This Week0
Institusion
Universitas PGRI Semarang
Author
Zulmaningsih, Siti Try
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2024-01-22 03:33:19 
Abstract :
SITI TRY ZULMANINGSIH NPM 19120101. ?Pengembangan Media Scrapbook Berbasis Permainan Edukasi untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Materi Bilangan Kelas 1 SDN 1 Tunjungan?. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas PGRI Semarang. Pembimbing I Joko Sulianto, S.Pd., M.Pd. dan pembimbing II Arfilia Wijayanti, S.Pd., M.Pd. Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah masih ada siswa yang belum mampu memahamai konsep materi pembelajaran khususnya materi bilangan dikarenakan penyampaian guru yang masih bersifat monoton dan belum menggunakan media pembelajaran yang menarik, dapat kita ketahui pula bahwa mata pelajaran matematika diperlukan contoh kongkrit yang dapat memudahkan siswa dalam memahami permasalahan dalam pelajaran matematika. Pada saat pembelajaran Guru hanya berpedoman dengan buku guru. Penelitian ini bertujuan untuk. (1) untuk mengetahui ketersediaan dan mengetahui proses pengembangan media scrapbook pembelajaran Matematika kelas I SDN 1 Tunjungan. (2) untuk mengetahui kelayakan media scrapbook pada materi bilangan kelas 1 SDN 1 Tunungan Kota Blora (3) untuk mengetahui hasil uji coba lapangan media Scrapbook pada materi bilangan Kelas 1 SDN 1 Tunjungan Kota Blora . Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (Reseach and Development) yang digunakan untuk menghasilkan produk tertentu dan menguji kelayakan produk yang dikembangkan. Pengembangan media scrapbook berbasis permainan edukasi ini hanya sampai pada tahap uji coba lapangan. Penelitian dan pengembangan ini dilaksanakan di SDN 1 Tunjungan,hasil dari pengembangan media scrapbook berbasis permainan edukasi sudah layak digunakan guru sebagai media dan pendamping buku siswa dari hasil langkah ketujuh tidak terdapat adanya revisi dari penilaian guru terhadap media baik dari hasil angket hasil penilaian dan tanggapan guru berupa skala likert bentuk checklist. Hasil validasi ahli materi memperoleh validitas 0,916 Sedangkan hasil validasi ahli media memperoleh validitas 0,960 Dari hasil uji coba lapangan awal yang dilakukan di tiga sekolah dasar diperoleh validitas 0,950. Kesimpulannya pengembangan media scrapbook berbasis permainan edukasi termasuk dalam kategori ?Sangat Baik? dan memenuhi kriteria layak. Berdasarkan hasil penelitian uji lapangan diperoleh Thitung -11.831 < ttabel dengan tingkat signifikansi sebesar 0,000 yang lebih kecil dari ( 0,000 < 0,05 ) Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar menggunakan media scrapbook berbasis permainan edukasi, dapat disampaikan bahwa media scrapbook berbasis permainan edukasi menjadi salah satu pilihan media pembelajaran yang dapat digunakan sebagai media guru untuk pendamping buku siswa saat memberikan materi kepada siswa. 
Institution Info

Universitas PGRI Semarang