DETAIL DOCUMENT
UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BAHASA EKSPRESIF MELALUI METODE CERITA DENGAN BONEKA TANGAN DI KELOMPOK A TK PERTIWI KIRINGAN
Total View This Week0
Institusion
Universitas PGRI Semarang
Author
KADARWATI, MINUK
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2024-01-22 03:45:47 
Abstract :
Minuk Kadarwati, ? UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BAHASA EKSPRESIF MELALUI METODE CERITA DENGAN BONEKA TANGAN DI KELOMPOK A TK PERTIWI KIRINGAN. Skripsi Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang. Dosen Pembimbing I Muniroh Munawar, S.Pi., M.Pd. Dosen Pembimbing II Dwi Prasetiyawati D.H, S.Pd, M.Pd. Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah kemampuan bahasa ekspresif anak masih menemui masalah. Anak belum dapat menyampaikan pemikirannya, mengungkapkan perasaannya, serta menjawab pertanyaan masih rendah. Dari 10 peserta didik hanya 2 yang bisa menyampaikan pemikirannya 1 anak masih malu-malu dan 7 anak masih diam. Berdasarkan uraian latar belakang masalah tersebut maka penulis merumuskan masalah sebagai berikut: ?Bagaimanakah metode bercerita dengan boneka tangan dapat meningkatkan kemampuan bahasa ekspresif di kelompok A di TK Pertiwi Kiringan?? Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan bahasa ekspresif anak di kelompok A TK Pertiwi Kiringan melalui metode cerita dengan boneka tangan. Jenis penelitian ini merupakan penelitian Tindakan kelas yang terdiri atas rangkaian empat kegiatan utama yang dilakukan dalam siklus berulang yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah anak kelompok A TK Pertiwi Kiringan yang terdiri dari 5 anak laki laki dan 5 anak perempuan. Penelitian ini diperoleh dengan Teknik analisis deskriptif yang bersifat kualitatif. Penelitian ini dilakukan sebanyak dua kali hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan kemampuan bahasa ekspresif anak melalui cerita boneka tangan, peningkatan tersebut yaitu siklus 1 mecapai 40%, pada siklus 2 mencapai 80% kesimpulan dari penelitian ini melalui cerita boneka tangan dapat meningkatkan kemampuan bahasa ekspresif anak kelompok A di TK Pertiwi Kiringan. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan terdapat beberapa saran bagi guru, hendaknya lebih kreatif dan aktif dalam menarik minat anak untuk mengikuti kegiatan pembelajaran, bagi sekolah sebaiknya menyediakan prasarana dan sarana sesuai kebutuhan dan bagi orang tua hendaknya memahami kebutuhan anak dengan segala kekurangan dan kelebihannya. 
Institution Info

Universitas PGRI Semarang