DETAIL DOCUMENT
PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN MONTASE PADA TEMA 7 PERKEMBANGAN TEKNOLOGI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS III SDN LEMPONGSARI SEMARANG
Total View This Week0
Institusion
Universitas PGRI Semarang
Author
RISMADHANI, NATASYA AMALIA
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2024-01-03 07:35:08 
Abstract :
Natasya Amalia Rismadhani. NPM 19120329 ?Pengaruh Media Pembelajaran Montase pada Tema 7 Perkembangan Teknologi Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas III SDN Lempongsari Semarang?. Skripsi. Progam Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang. 2023. Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah kurang optimalnya proses pembelajaran sehingga berpengaruh kepada hasil belajar yang masih rendah. Proses pembelajaran yang hanya berpusat pada guru membuat peserta didik cenderung pasif dan tidak kreatif. Permasalahan dalam penelitian ini adalah Bagaimanakah pengaruh media montase terhadap hasil belajar siswa kelas III SDN Lampongsari Semarang. Pendidik perlu menggunakan media pembelajaran pada saat penyajian materi agar menarik siswa untuk aktif dalam pembelajaran. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dalam bentuk ekperimen pre- eksperimental designs (nondesigns) dengan desain one group pretest posttest design. Pretest dilakukan sebelum menggunakan perlakuan sedangkan posttest dilakukan setelah mendapatkan perlakuan dengan menggunakan media montase. Populasi penelitian ini seluruh peserta didik SDN Lempongsari Semarang. Sampel yang diambil adalah 26 siswa kelas III. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui observasi, dokumentasi, dan tes. Berdasarkan analisis hasil uji ketuntasan belajar dan uji banding nilai rata- rata pretest sebesar 60,9 dengan persentase klasikal sebesar 46%. Nilai rata-rata posttest 72,5 dengan persentase klasikal sebesar 77% kriteria ketuntasan minimum (KKM) 60. Diperoleh t hitung 2,697 dan t tabel 1,675 dengan taraf signifikan 0,05 dk 26-2=24 hasil perhitungan t hitung 2,697 > t tabel 1,675, sehingga H o ditolak dan H a diterima. Hal ini berarti terdapat peningkatan yang signifikan terhadap kelas III berdasarkan hasil analisis uji t yang menunjukan bahwa t hitung 2,697 > t tabel 1,675 maka H a diterima dan H o ditolak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang singnifikan terhadap hasil belajar siswa kelas III Tema 7 Subtema 3. Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat disampaikan adalah pembelajaran dengan menggunakan media montase dapat digunakan sebagai salah satu alternatif pembelajaran di kelas. 
Institution Info

Universitas PGRI Semarang