DETAIL DOCUMENT
DESAIN PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI PENGUKURAN BERAT UNTUK MEWUJUDKAN PROFIL PELAJAR PANCASILA DIMENSI BERIMAN BERTAQWA PADA TUHAN YANG MAHA ESA DAN BERAKHLAK MULIA SISWA KELAS IV SDN PANDEAN LAMPER 02 SEMARANG
Total View This Week0
Institusion
Universitas PGRI Semarang
Author
Lestari, Wahyu Dwi
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2024-01-22 03:49:57 
Abstract :
Wahyu Dwi Lestari. NPM 19120071. ?Desain Pembelajaran Matematika Materi Pengukuran Berat Untuk Mewujudkan Profil Pelajar Pancasila Dimensi Beriman Bertaqwa Kepada Tuhan Yang Maha Esa Dan Berakhlak Mulia Siswa Kelas IV SDN Pandean Lamper 02 Semarang?. SKRIPSI. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang 2023. Dosen Pembimbing I Sunan Baedowi, S.H.I., M.S.I dan Dosen Pembimbing II Dr. Bagus Ardi Saputro,S.Pd., M.Pd. 2023. Dalam penelitian ini terdapat rumusan masalah yaitu bagaimana desain pembelajaran matematika materi pengukuran berat untuk mewujudkan profil pancasila dimensi beriman bertaqwa kepada tuhan yang maha esa dan berakhlak mulia siswa kelas IV SDN Pandean Lamper 02 Semarang dan bagaimana hasil pembelajaran matematika materi pengukuran berat dalam mewujudkan profil pelajar pancasila dimensi beriman bertaqwa Kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia. Selain rumusalah adapun tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui desain pembelajaran matematika materi pengukuran berat untuk mewujudkan profil pancasila dimensi beriman bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia siswa kelas IV SDN Pandean Lamper 02 Semarang dan untuk mengetahui hasil pembelajaran matematika dalam mewujudkan profil pelajar pancasila dimensi beriman bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia. Latar belakang dalam penelitian ini adalah kurangnya mengembangkan kemampuan penalaran dalam mempelajari materi pengukuran berat sehingga siswa kesulitan dalam menerima materi pengukuran berat, tujuan dalam penelitian ini yaitu menganalisis penerapan desain pembelajaran matematika serta mendeskripsikan hasil pembelajaran matematika materi pengukuran berat untuk mewujudkan profil pelajar pancasila dimensi beriman bertaqwa kepada tuhan yang maha esa dan berakhlak mulia siswa. Penelitian ini menggunakan penelitian Desain Didaktis atau Didactical Design Research (DDR) dengan pendekatan kualitatif, penelitian ini menggunakan teknik analisis data berupa pedoman angket, wawancara, observasi, dan wawancara. Adanya desain pembelajaran pengukuran berat untuk mewujudkan profil pelajar pancasila dimensi beriman bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia siswa dengan menerapkan praktik menakar dan menimbang dapat mengembangkan pemahaman siswa mengenai pengukuran berat serta dapat mewujudkan siswa dalam pemahaman profil pelajar pancasila dimensi beriman bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia. Selain itu adanya media timbangan digital dapat menjadi sarana siswa dalam memahami materi pengukuran berat menjadi lebih menyenangkan dan efektif. Dapat disimpulkan penggunaan desain pembelajaran matematika materi pengukuran berat dapat mewujudkan profil pelajar pancasila dimensi beriman bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan Berakhlak Mulia menjadi lebih efektif Kata Kunci : Profil Pelajar Pancasila, Dimensi Ketuhanan, Kurikulum Merdeka 
Institution Info

Universitas PGRI Semarang