DETAIL DOCUMENT
PENGEMBANGAN GAME EDUKASI PENGENALAN NAMA HEWAN DAN HABITATNYA DALAM BAHASA INGGRIS & INDONESIA UNTUK ANAK USIA DINI SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ANDROID
Total View This Week0
Institusion
Universitas PGRI Semarang
Author
Adhim, Mohammad Fauzil
Subject
ZA Information resources 
Datestamp
2024-01-22 04:04:17 
Abstract :
Penelitian ini dilatar belakangi oleh minimnya kemampuan siswa dalam mengenal nama hewan dan habitatnya dalam bahasa Inggris dan bahasa Indonesia. Dengan adanya permasalahan tersebut, peneliti menciptakan sebuah aplikasi yang bertujuan untuk menghasilkan software construct 2 sebagai media pembelajaran dengan menggunakan model pengembangan MDLC (Multimedia Development Life Cycle). Penelitian ini dilakukan melalui 6 tahapan yaitu Concept (Konsep), Design (Perancangan), Material Collecting (Pengumpulan Material), Assembly (Pembuatan), Testing (Pengujian), Distribution (Pendistribusian). Untuk menguji kelayakan aplikasi media pembelajaran pengenalan nama hewan dan habitatnya dilakukan oleh validator ahli media, validator ahli materi, dan respon pengguna yang dilakukan oleh siswa atau wali murid KB IT Permata Islami. Hasil dari validasi ahli media sebesar 95,8% yang termasuk dalam kategori ?Sangat Layak?, dan validasi ahli materi sebesar 100% yang termasuk dalam kategori ?Sangat Layak?. Kemudian hasil dari uji pengguna sebesar 90,3% yang termasuk dalam kategori ?Sangat Layak?, sehingga aplikasi pengembangan game edukasi pengenalan nama hewan dan habitatnya yang dihasilkan dapat dikategroikan sangat layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran siswa. Kata Kunci: Game Edukasi, Pengenalan Nama Hewan dan Habitatnya, Construct2, Android 
Institution Info

Universitas PGRI Semarang