DETAIL DOCUMENT
ANALISIS LOYALITAS NASABAH PENGGUNA BRIMO
Total View This Week0
Institusion
Universitas PGRI Semarang
Author
Astuti, Sri Dewi
Subject
HD28 Management. Industrial Management 
Datestamp
2024-01-22 04:33:10 
Abstract :
Pada studi ini berangkat dari temuan yang menunjukan bahwa perkembangan loyalitas nasabah pengguna Brimo dilihat dari jumlah pengguna Brimo di setiap tahunnya. Pada tahun 2019 pengguna brimo mencapai 17% lalu pada tahun 2020 mengalami kenaikan jumlah nasabah pengguna BRImo sehingga mencapai 20,5% namun pada tahun 2021 mengalami penurunan hingga 17%, sehingga peneliti bersedia untuk meneliti apa yang menjadi faktor turunnya nasabah pengguna BRImo. Namun pada tahun 2022 dan 2023 mengalami kenaikan atau kestabilan nasabah pengguna BRImo hingga 19,8%. Adapun faktor yang mempengaruhi loyalitas nasabah adalah kemudahan penggunaan,nilai pelanggan,kualitas layanan, keamanan dan kepercayaan Berangkat dari permasalahan tersebut, penelitian ini menggunakan analisis penelitian kuantitatif, Pengumpulan data menggunakan kuesioner dan pengambilan sampel sebanyak 100 responden dengan menggunakan teknik Non-Probability Sampling. Melalui uji Intrumen, analisis deskripsi, analisis regresi linier berganda, analisis koefisien determinasi (R2) uji asusmsi klasik dan uji hipotesisis Hasil pengujian menunjukan bahwa kemudahan penggunaan tidak berpengaruh terhadap loyalitas nasabah yang dibuktikan dengan nilai t hitung lebih kecil dari t tabel (1.228<1.660), nilai pelanggan berpengaruh terhadap loyalitas nasabah yang dibuktikan dengan nilai t hitung lebih besar dari t tabel (5.676>1.660)), kualitas layanan tidak berpengaruh terhadap loyalitas nasabah yang dibuktikan dengan nilai t hitung lebih kecil dari t tabel (0.518<1,660), keamanan tidak berpengaruh terhadap loyalitas nasabah yang dibuktikan dengan nilai t hitung lebih kecil dari t tabel (-0,653 < 1,660), kepercayaan berpengaruh terhadap loyalitas nasabah yang dibuktikan dengan nilai t hitung lebih besar dari t tabel (2.162>1,660) dan kemudahan penggunaan,nilai pelanggan,kualitas layanan, keamanan, kepercayaan secara simultan berpengaruh terhadap loyalitas nasabah yang dibuktikan dengan nilai signifikasi lebih kecil dari 0.05 (0.000 < 0.05). Kata Kunci: kemudahan penggunaan,nilai pelanggan,kualitas layanan, keamanan kepercayaan, loyalitas nasabah 
Institution Info

Universitas PGRI Semarang