DETAIL DOCUMENT
ANALISIS KESULITAN BELAJAR MATEMATIKA MATERI PERKALIAN PADA SISWA KELAS III SD NEGERI SELO KABUPATEN KENDAL
Total View This Week0
Institusion
Universitas PGRI Semarang
Author
HANIFA, FIKA IKTAFIA
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2024-01-22 04:37:22 
Abstract :
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah kesulitan belajar matematika yang dialami siswa dalam menyelesaikan soal materi operasi hitung perkalian. Ada berbagai macam kesulitan belajar yang dialami siswa seperti kesulitan menentukan nilai tempat, kesulitan dalam berhitung, dan kesulitan dalam proses atau memahami konsep perkalian. Fokus penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimanakah kesulitan belajar matematika materi perkalian pada siswa kelas III SD Negeri Selo Kabupaten Kendal dan apa saja faktor yang menyebabkan kesulitan belajar matematika materi perkalian pada siswa kelas III SD Negeri Selo Kabupaten Kendal. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesulitan belajar matematika materi perkalian pada siswa kelas III SD Selo Kabupaten Kendal dan untuk mendeskripsikan faktor yang menyebabkan kesulitan belajar matematika materi perkalian pada siswa kelas III SD Negeri Selo Kabupaten Kendal. Jenis penelitian yang peneliti gunakan yaitu penelitian kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan menggunakan metode observasi, dokumentasi, wawancara, pengisian angket, dan tes perkalian. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III SD Negeri Selo yang berjumlah 17 dengan 6 siswa laki-laki dan 11 siswa perempuan serta guru kelas III SD Negeri Selo. Berdasarkan penelitian yang peneliti lakukan diperoleh hasil bahwa bentuk-bentuk kesulitan belajar yang dialami siswa pada mata pelajaran matematika materi perkalian antara lain yaitu kesulitan menentukan nilai tempat suatu angka, kesulitan dalam keterampilan berhitung, dan kesulitan dalam pemahaman proses/konsep/pemecahan masalah matematika materi perkalian. Sedangkan fakkor-faktor yang menyebabkan kesulitan belajar matematika yaitu terdiri dari 2 faktor yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal meliputi tingkat kecerdasarn siswa, sikap siswa dalam pembelajaran, dan motivasi belajar siswa sedangkan faktor eksternal terdiri dari variasi mengajar guru, metode dan media yang digunakan guru dalam pembelajaran serta sarana dan prasarana di kelas. 
Institution Info

Universitas PGRI Semarang