DETAIL DOCUMENT
KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN PAPAN PERKALIAN TERHADAP HASIL BELAJAR KONSEP MATEMATIKA SISWA KELAS II SD NEGERI BUMIAYU 02 PATI
Total View This Week0
Institusion
Universitas PGRI Semarang
Author
WIJAYANTI, SRI MONA
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2024-01-22 04:50:43 
Abstract :
Latar Belakang yang mendorong penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar matematika pada materi perkalian. Hal tersebut disebabkan oleh pelaksanaan pembelajaran yang masih berpusat pada guru, siswa yang masih pasif dalam pembelajaran dan belum digunaknnya model pembelajaran serta media pembelajaran yang tepat oleh guru saat mengajar. Hal tersebut berdampak pada tingkat pemahaman siswa terhadap konsep dasar perkalian masih rendah dan hasil belajarnya pun tidak maksimal. Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah model pembelajaran Discovery Learning berbantuan Papan Perkalian efektif terhadap hasil belajar konsep matematika siswa. Tujuan penelitian yang hendak dicapai adalah untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran Discovery Learning berbantuan media konkret papan perkalian terhadap hasil belajar konsep matematika siswa kelas II SD N Bumiayu 02 Pati. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dalam bentuk pre expermental design dengan desain one-grup pretest-posttest design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa SD N Bumiayu 02 Pati. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 19 orang yang merupakan siswa siswi kelas II yang diambil menggunakn Teknik Non Probability Sampling. Data dalam penelitian ini deiperoleh melalui wawancara, tes dan dokumentasi. Berdasarkan perhitungan diperoleh rata-rata pretest yaitu 41,31 dan rata rata posttest yaitu 78,89. Pada saat pretest hanya ada 4 siswa yang tuntas dan 15 siswa lainnya belum tuntas dengan ketuntasan belajar klasikal 21%. Setelah dilakukan posttest terdapat 16 siswa yang tuntas dan 3 siswa yang belum tuntas dengan ketuntasan klasikal 84%. Hal tersebut diperkuat dengan hasil analisis uji t bahwa thitung > ttabel yaitu 15,152 > 2,026 maka Ha diterima sehingga model pemebelajaran discovery learning berbantuan papan perkalian efektif dalam meningkatkan hasil belajar konsep matematika siswa kelas II SD N Bumiayu 02 Pati. Saran yang dapat disampaikan berdasarkan hasil penelitian ini adalah model pembelajaran Discovery Learning berbantuan papan perkalian dapat tercipta suasana pembelajaran aktif dan menyenangkan serta dapat dijadikan salah satu alternatif model pembelajaran bagi guru dalam mengajar materi perkalian maupun materi lainnya sehingga pemahaman siswa terhadap materi membaik dan hasil belajarnya dapat meningkat. 
Institution Info

Universitas PGRI Semarang