DETAIL DOCUMENT
ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL MASALAH KONTEKSTUAL MENGGUNAKAN TEORI NOLTING DITINJAU DARI KEMAMPUAN MATEMATIS SISWA
Total View This Week0
Institusion
Universitas PGRI Semarang
Author
FATHIYATI, FIQI
Subject
QA Mathematics 
Datestamp
2024-01-22 04:52:37 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan jenis ? jenis kesalahan siswa beserta faktor penyebabnya dalam menyelesaikan soal masalah kontekstual pada materi SPLDV berdasarkan teori nolting yang ditinjau dari kemampuan matematis siswa. Penelitian ini merupakan penelitian dengan metode deskriptif kualitatif. Pelaksanaan penelitian ini pada semester genap tahun ajaran 2022/2023. Subjek penelitian yaitu siswa kelas VIII E SMP Negeri 1 Comal. Teknik pengumpulan data menggunakan tes tertulis dan tes wawancara sera keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian menyatakan bahwa (1) kemampuan matematis siswa tingkat tinggi melakukan kesalahan Misread-Directions Errors ; (2) kemampuan matematis siswa tingkat sedang melakukan kesalahan Misread-Directions Errors dan Careless Errors ; (3) kemampuan matematis siswa tingkat rendah melakukan kesalahan Careless Errors, Concept Errors, Application Errors, dan Test Taking Errors. Kesalahan Misread-Directions Errors disebabkan karena siswa melakukan kesalahan saat membaca petunjuk soal sehingga tidak menuliskan kembali informasi yang terdapat pada soal. Kesalahan Careless Errors disebabkan karena siswa ceroboh terlalu tergesa- gesa saat mengerjakan soal sehingga tidak menuliskan representasi simbolik dengan baik. Kesalahan Concept Errors disebabkan karena siswa kurang memahami konsep pada materi SPLDV. Kesalahan Application Errors disebabkan karena siswa tidak mengetahui metode dan langkah ? langkah dalam menyelesaikan soal SPLDV. Kesalahan Test Taking Errors disebabkan karena siswa tidak menyelesaikan soal dengan baik dan tidak menuliskan kesimpulannya. Kata Kunci: Kesalahan Siswa; Teori Nolting; Kemampuan Matematis Siswa 
Institution Info

Universitas PGRI Semarang