DETAIL DOCUMENT
ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI NUMERASI PADA SISWA INTROVERT DAN EKSTROVERT DALAM MENYELESAIKAN MASALAH PROGRAM LINEAR
Total View This Week0
Institusion
Universitas PGRI Semarang
Author
Zakaria, Muhammad Hilmi
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2024-01-22 06:14:46 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan literasi numerasi pada siswa introvert dan ekstrovert dalam menyelesaikan masalah program linear. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Subjek yang diambil adalah dua siswa kelas XI MIPA-2 MA Banat Tajul Ulum Brabo dengan rincian satu siswa introvert dan satu siswa ekstrovert. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan angket, tes tertulis dan wawancara. Pengambilan data penelitian ini melalui tes tertulis dan wawancara. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa subjek introvert memenuhi semua indikator kemampuan literasi numerasi, yaitu memecahkan masalah dengan menggunakan berbagai angka dan simbol yang berhubungan dengan matematika; menganalisis informasi yang disajikan dalam berbagai gambaran (grafik, tabel, bagan, diagram dan sebagainya); dan menafsirkan hasil analisis tersebut untuk membuat prediksi dan keputusan. Sedangkan subjek ekstrovert tidak memenuhi satu dari tiga indikator kemampuan literasi numerasi, yaitu menafsirkan hasil analisis tersebut untuk membuat prediksi dan keputusan. Kata kunci: Kemampuan Literasi Numerasi, Program Linear, Introvert dan Ekstrovert 
Institution Info

Universitas PGRI Semarang