DETAIL DOCUMENT
EFEKTIVITAS LAYANAN KONSELING KELOMPOK MENGGUNAKAN TEKNIK RELAKSASI UNTUK MENGURANGI KEJENUHAN BELAJAR PADA SISWA KELAS XII SMA NEGERI 1 GROBOGAN
Total View This Week0
Institusion
Universitas PGRI Semarang
Author
FAZLURRAHMAN, MUHAMMAD IRHAM
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2024-01-22 06:17:17 
Abstract :
Muhammad Irham Fazlurrahman.19110086.?Efektivitas Layanan Konseling Kelompok Menggunakan Teknik Relaksasi Untuk Mengurangi Kejenuhan Belajar Siwa Kelas XII SMA Negeri 1 Grobogogan, Kabupaten Grobogan?. Skripsi. Program Studi Bimbingan dan Konseling. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas PGRI Semarang. 2023. Dosen Pembimbing I : Eka Sari Setianingsih S.Pd., M.Pd. Pembimbing II : Ismah S.Ag., M.Pd. Penelitian Efektivitas Konseling Kelompok menggunakan teknik relaksasi untuk mengurangi kejenuhan belajar peserta didik kelas XII SMA Negeri 1 Grobogan, Kabupaten Grobogan di latar belakangi oleh tingginya tingkat kejenuhan belajar pada pserta didik, hal ini dilihat dari hasil observasi yang dilakukan di SMA Negeri 1 Grobogan Kabupaten Grobogan. Rumusan Masalah dalam penelitian ini yaitu apakah ada pengaruh Efektivitas Konseling Kelompok menggunakan Teknik Relaksasi untuk Mengurangi Kejenuhan Belajarpada Peserta Didik kelas XII SMA Negeri 1 Grobogan Kabupaten Grobogan. Jenis Penelitian in merupakan penelitian kuantitatif dengan desain penelitian Efektivitas. Populasi pada penelitian ini adalah peserta didik kelas XII di SMA Negeri 1 Grobogan dengan jumlah 288 peserta didik, kelas yang diberikan pre-test yaitu XII 1-9, yang kemudian diambil delapan peserta didik untuk diuji coba. Teknik pengambilan sampling pada penelitian ini yaitu teknik random sampling yang diperoleh dari angket kejenuhan belajar. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa konseling kelompok menggunakan teknik relaksasi efektiv terhadap penurunan kejenuhan belajar pada peserta didik, hal ini dibuktikan dari hasil uji paired sample t-test dengan probabilitas nilai sig. (2-tailed)0,001<0,05. Serta dengan adanya perbedaan skor rata-rata angket kejenuhan belajar 27,7500% dari hasil pretest dan posttest. Hal inimembuktikan bahwa konseling kelompok menggunakan teknik relaksasi dapat untuk mengurangi kejenuhan belajar pada peserta didik. Kata Kunci : Konseling Kelompok, Relaksasi , Kejenuhan Belajar 
Institution Info

Universitas PGRI Semarang