DETAIL DOCUMENT
KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN TGT B ERBANTU MEDIA “JAM SUDUT” DITINJAU DARI HASIL BELAJAR MATERI SUDUT KELAS III SEKOLAH DASAR
Total View This Week0
Institusion
Universitas PGRI Semarang
Author
Lestari, Mukti
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2024-01-22 06:49:39 
Abstract :
Mukti Lestari, ?Keefektifan Model Pembelajaran TGT Berbantu Media ?Jam Sudut? Ditinjau Dari Hasil Belajar Materi Sudut Kelas III Sekolah Dasar?. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang, 2023. Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah minat siswa dalam mengikuti pembelajaran masih rendah, guru tidak menerapkan model pembelajaran yang tepat, tidak adanya penggunaan media pembelajaran, serta hasil belajar siswa pada materi sudut yang masih rendah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji dan mengidentifikasi efektif atau tidaknya model pembelajaran TGT berbantu Media Jam Sudut ditinjau dari hasil belajar kelas III Sekolah Dasar. Model pembelajaran TGT dapat dikatakan efektif jika memenuhi empat indikator sebagai berikut: kemampuan guru mengelola pembelajaran pada kategori baik, aktivitas peserta didik pada kategori aktif, respon peserta didik terhadap pembelajaran terlihat senang, serta ketuntasan hasil belajar materi sudut. Berdasarkan hal tersebut, maka rumusan masalahnya sebagai berikut. (1)Bagaimana kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran materi Sudut dengan model TGT berbantu jam sudut? (2)Bagaimana aktivitas peserta didik pada pembelajaran Sudut dengan model TGT berbantu jam sudut? (3)Bagaimana respon peserta didik dalam pembelajaran materi sudut dengan model TGT berbantu jam sudut? (4)Apakah hasil belajar siswa pada materi Sudut dengan model TGT berbantu jam sudut sudah mencapai ketuntasan belajar? Penelitian ini menggunakan penelitian gabungan dengan desain Sequential Exploratory. Desain Sequential Exploratory merupakan jenis penelitian gabungan dengan membahas data secara kualitatif kemudian dilanjutkan dengan membahasa data secara kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam pennelitian gabungan, yaitu: observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data kualitatif dilakukan dengan melalui empat tahapan yaitu pengumpulan data, reduksi data, display data, serta menarik kesimpulan. Data kuantitatif dianalisis dengan uji normalitas, Uji ?T, dan uji peningkatan hasil belajar (uji N- Gain). Hasil dari penelitian ini adalah model pembelajaran TGT efektif ditinjau dari hasil belajar materi sudut di Sekolah Dasar. Model TGT berbantu media jam sudut pada pembelajaran sudut di kelas III Sekolah Dasar dikatakan efektif, karena sudah memenuhi empat indikator yaitu (1) Kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran dinilai sudah sangat baik. (2) Aktivitas siswa dalam pembelajaran materi Sudut dengan model TGT berbantu media jam sudut termasuk dalam kategori aktif. (3) Respon peserta didik dalam pembelajaran materi sudut dengan model TGT berbantu media jam sudut diketahui bahwa siswa merasa senang dalam mengikuti pembelajaran. (4) Hasil belajar siswa pada materi Sudut dengan model TGT berbantu media jam sudut sudah mencapai ketuntasan belajar. Saran dari penelitian ini adalah guru sebaiknya menggunakan model pembelajaran yang bervariasi dan sesuai karakteristik siswa sekolah dasar salah satunya menerapkan model TGT berbantu media jam sudut. 
Institution Info

Universitas PGRI Semarang