DETAIL DOCUMENT
PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENALARAN DAN LITERASI MATEMATIS
Total View This Week0
Institusion
Universitas PGRI Semarang
Author
Handriastuti, Sri Wening
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2024-01-22 06:59:52 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan lembar kerja siswa untuk meningkatkan kemampuan penalaran dan literasi matematis. Jenis penelitian adalah penelitian Research and Development. Pada penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Teknik pengambilan data dalam penelitian ini adalah uji normalitas multivariat, uji homogenitas matriks kovarian, uji hotelling T2, dan uji pasca hotelling T2. Sebelum di ujicobakan, LKS terlebih dahulu dilakukan uji validasi oleh ahli media dan ahli materi. Hasil dari validasi ahli mendapatkan hasil yang baik, dengan persentase penilaian 87,50% dari ahli media dan persentase penilaian 74,33% dari ahli materi. Dengan demikian LKS tersebut layak (valid) untuk digunakan. Kemudian, siswa yang berada di kelas eksperimen memberikan tanggapan setelah menggunakan LKS dan mendapatkan hasil 80,11% sehingga LKS dapat dikatakan praktis. Dari hasil analisis data nilai akhir (posttest) kelas eksperimen dan kelas kontrol dapat disimpulkan bahwa rata ? rata kemampuan penalaran dan literasi matemtais yang menggunakan LKS lebih baik daripada kelas yang menggunakan model pembelajaran konvensional. Kata Kunci: Lembar Kerja Siswa, Kemampuan Penalaran, Literasi Matematis 
Institution Info

Universitas PGRI Semarang