DETAIL DOCUMENT
PENINGKATAN HASIL BELAJAR LEMPAR CAKRAM PADA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR GENENG 3 KECAMATAN MIJEN KABUPATEN DEMAK
Total View This Week0
Institusion
Universitas PGRI Semarang
Author
Pranoto, Sujarwo Hadi
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2024-01-22 07:50:06 
Abstract :
Latar belakang penulisan skripsi ini adalah tidak tuntasnya hasil belajar lempar cakram pada siswa Kelas V SDN Geneng 3 Kecamatan Mijen Kabupaten Demak, karena nilai siswa yang masih dibawah KKM yaitu 75. Berdasarkan uraian dilatar belakang masalah : Apakah Melalui Permainan lempar cakram Siswa Kelas V SDN Geneng 3 Kecamatan Mijen Kabupaten Demak?. Penelitian bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan lempar cakram melalui permainan cakram kasti siswa kelas V SDN Geneng 3 Kecamatan Mijen Kabupaten Demak. Metode penelitian ini penelitian tindakan kelas, penelitian ini terdiri dari dua siklus. Subyek penelitian adalah siswa kelas V semester II SDN Geneng 3 Kecamatan Mijen Kabupaten Demak yang berjumlah 26 siswa yang terdiri dari 13 siswa laki-laki dan 13 siswa perempuan. Teknik analisa data yang digunakan adalah Prosentase dan Instrumen lempar cakram melalui permainan kasti voli. Hasil penelitian pada Siklus I setelah diterapkan pembelajaran lempar cakram ketercapaian materi aspek kognitif mencapai 85%, aspek afektif mencapai 90%, aspek psikomotor mencapai 74%, namun ketuntasan belajar siswa hanya mencapai 68% saja. Sehingga dinyatakan belum berhasil. Sedangkan pada siklus II ketercapaian aspek kognitif mencapai 90%, aspek afektif mencapai 79,6%, aspek psikomotor mencapai 79,04%, prosentase ketuntasan siswa sudah mencapai 96%. Kesimpulan Ketercapaian kriteria ketuntasan kelas sebesar 96% maka dapat diambil kesimpulan bahwa tindakan penerapan bermain lempar cakram pada siswa kelas V Semester II SDN Geneng 3 Kecamatan Mijen Kabupaten Demak Tahun pelajaran 2022/2023 dapat dinyatakan berhasil. Beberapa saran peneliti pemerintah hendaknya mendukung segala bentuk pengembangan potensi guru penjas di setiap daerah-daerah. Dalam memberikan pembelajaran agar mudah dipahami oleh siswa, harus bervariasi, kreatif dalam pembelajaran. Bagi siswa hendaknya harus lebih rajin dalam mengikuti pembelajaran, agar pembelajaran dapat berjalan dengan baik. Kata kunci : Peningkatan hasil belajar ,Lempar Cakram, Siswa kelas v 
Institution Info

Universitas PGRI Semarang