DETAIL DOCUMENT
ANALISIS PENERAPAN KARAKTER DISIPLIN SISWA SD NEGERI SENDANGMULYO 04 SEMARANG
Total View This Week0
Institusion
Universitas PGRI Semarang
Author
RACHMAWATI, NARULLITA DYAH
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2024-01-22 07:56:59 
Abstract :
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh keingintahuan peneiti menganalisis penerapan karakter disiplin di SD Negeri Sendangmulyo 04 Semarang saat pebelajaran dalam sekolah yang menjadikannya sekolah model untuk Sekolah Dasar Negeri di Kota Semarang. Masalah dalam penelitian ini adalah menganalisis karakter disiplin peserta didik SD Negeri Sendangmulyo 04 Semarang pada masa setelah Pandemi Covid-19 yang sebelumnya nilai karakter disiplin menipis dikarenakan terlalu lama meninggalkan lingkungan sekolah dan beberapa waktu adanya isolasi mandiri dari anjuran pemerintah. Adapun tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan karakter disiplin peserta didik SD Negeri Sendangmulyo 04 Semarang saat pembelajaran dalam sekolah. Jenis penelitian ini adalah kualitatif bersifat deskriptif. Populasi penelitian ini adalah 60 siswa. Sampel yang diambil adalah 30 siswa kelas IV-C dan 30 siswa kelas V-C dengan masing-masing wali kelasnya dan Kepala Sekolah SD Negeri Sendangmulyo 04 Semarang. Data dalam penelitian ini adalah hasil angket dari siswa, wawancara dengan guru serta kepala sekolah, pengamatan observasi, dan dokumentasi berupa foto. Berdasarkan hasil penelitian ini kesimpulannya adalah pelaksanaan implementasi pendidikan karakter disiplin di SD Negeri Sendangmulyo 04 Semarang dilakukan dengan mengintegrasikan karakter disiplin dalam program pengembangan diri, mata pelajaran, dan budaya sekolah. Pengintegrasian nilai-nilai karakter dalam program pengembangan diri meliputi kegiatan rutin, kegiatan spontan, keteladanan, dan pengkondisian. Kata Kunci: Pendidikan Karakter, Karakter Disiplin 
Institution Info

Universitas PGRI Semarang