DETAIL DOCUMENT
PENGEMBANGAN E-MODUL MATERI PHYTAGORAS BERBASIS ETNOMATEMATIKA MENGGUNAKAN FLIP PDF PROFESSIONAL BERBANTUAN VIDEO INTERAKTIF BERORIENTASI PADA KEMAMPUAN BERPKIR KRITIS
Total View This Week0
Institusion
Universitas PGRI Semarang
Author
Mustaqfiroh, Mustaqfiroh
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2024-01-22 07:57:17 
Abstract :
Kemampuan berpikir kritis merupakan salah satu kemampuan yang sangat penting dikembangkan di abad 21. Namun kenyataannya, kemampuan berpikir kritis siswa masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan e?modul berbasis etnomatematika menguunakan flip PDF professional berbantuan video interaktif pada permainan tradisional yang valid, praktis dan efektif. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari 5 tahap yaitu : Analysis, Design, Development, Implementation serta Evaluation. Subyek dari penelitian ini adalah siswa kelas IX SMP untuk kelas uji coba, satu kelas sebagai kelas eksperimen , dan satu kelas sebagai kelas kontrol. Media yang dikembangkan dalam penelitian ini sebelum diuji cobakan divalidasi oleh validator ahli media dan ahli materi dengan hasil penilaian sebesar 92,5% dengan artian e-modul layak (valid) digunakan dalam proses pembelajaran. Berdasarkan hasil uji coba penggunaan e-modul dapat disimpulkan bahwa e-modul efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa dilihat dari hasil ketuntasan berpikir kritis siswa ? 75%, hasil berpikir kritis kelas eksperimen lebih baik dari kelas kontrol, dan terjadi peningkatan kemampuan berpikir kritis yang dihitung menggunakan uji N-Gain. 
Institution Info

Universitas PGRI Semarang