DETAIL DOCUMENT
PERANCANGAN USER INTERFACE (UI) DAN USER EXPERIENCE (UX) APLIKASI AKSARA JAWA UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR
Total View This Week0
Institusion
Universitas PGRI Semarang
Author
Muna, Shofiyatul
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2024-01-04 03:57:49 
Abstract :
Penelitian ini dilatar belakangi karena masih banyak siswa sekolah dasar yang belum paham tentang aksara Jawa. Maka dari itu dibuatlah pengembangan aplikasi aksara Jawa. Tujuan dibuatnya aplikasi aksara Jawa agar menjadi motivasi bagi siswa sekolah dasar untuk belajar aksara Jawa. Pembuatan pengembangan perancangan aplikasi ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dan menggunakan design thinking sebagai model pengembangannya. Aplikasi aksara Jawa ini dibuat menggunakan aplikasi figma. Respondennya adalah siswa kelas 5 (lima) SDN Loireng. Pada penelitian ini, hasil dari validasi ahli menggunakan skala Likert yang didapatkan dari hasil rata-rata presentase ahli media sebesar 98% dan presentase ahli materi sebesar 92% yang mana kedua presentase sangat layak untuk digunakan. Kemudian pengujian responden menggunakan skala guttman yang memperoleh skor 98% dengan kriteria sangat baik. Dalam uji System Usability Scale (SUS) memperoleh hasil 78.00 dan User Experience Questionnaire (UEQ) berada pada level good karena nilainya diatas 0,8. Dalam memotivasi belajar siswa menggunakan dua angket motivasi yaitu sebelum diberikan aplikasi dan sesudah diberikan aplikasi. Dalam angket tersebut ada peningkatan dari sebelum dan sesudah sebesar 33%. Kemudian dalam pengujiannya juga menggunakan uji Wilcoxon signed rank test bernilai 0,000 < 0,05 dari hasil tersebut maka terdapat pengaruh terhadap peningkatan motivasi belajar siswa. Kata kunci: Aksara Jawa, User Interface, User Experience, Design Thinking, Motivasi Belajar. 
Institution Info

Universitas PGRI Semarang