DETAIL DOCUMENT
PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS KEARIFAN LOKAL UNTUK SISWA KELAS III DI SEKOLAH DASAR
Total View This Week0
Institusion
Universitas PGRI Semarang
Author
AMALIA, NADIA
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2024-01-22 08:09:54 
Abstract :
NADIA AMALIA. NPM 19120025. Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Kearifan Lokal untuk Siswa Kelas III Sekolah Dasar. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang. 2023. Dosen Pembimbing 1: Ibu Ikha Listyarini, S.Pd., M.Hum., Dosen Pembimbing 2: Bapak Drs. Suyitno, M.Pd. Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil wawancara terstruktur dan analisis kebutuhan guru serta peserta didik yang menunjukkan bahwa guru kurang berinovasi dalam pelaksanaan pembelajaran khususnya materi tema perkembengan teknologi sehingga masih ada peserta didik yang kesulitan dalam memahami materi, serta belum ada pengenalan kearifan lokal di Sekolah Dasar. Berdasarkan hal tersebut, yang menjadikan dasar peneliti untuk mengembangkan Bahan Ajar Berbasis Kearifan Lokal Kelas III Sekolah Dasar. Permasalahan dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana karakteristik produk pengembangan Bahan Ajar Berbasis Kearifan Lokal Kelas III? 2) Bagaimana kevalidan dan kepraktisan produk pengembangan Bahan Ajar Kearifan Berbasis Lokal Kelas III? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui karakteristik produk, kevalidan, serta kepraktisan Bahan Ajar Berbasis Kearifan Lokal Kelas III Sekolah dasar tema perkembangan teknologi. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D). Pengembangan bahan ajar terdapat 5 tahapan yaitu (1) Analisis, (2) Desain, (3) Pengembangan, (4) Implementasi, dan (5) Evaluasi. Penelitian dilaksanakan di SDN Ujuengnegoro 02 serta SDN Bakalan (kelas IIIA dan IIIB), dari langkah penelitian tersebut dihasilkan sebuah produk Bahan Ajar Berbasis Kearifan Lokal Kelas III tema perkembangan teknologi. Bahan Ajar Berbasis Kearifan Lokal Kelas III yang dikembangkan menunjukan hasil rata-rata dengan skor presentase yaitu hasil rata-rata uji kevalidan diperoleh dari penilaian ahli bahan ajar sebesar 99% (sangat valid) dan penilaian ahli materi 1 ? 4 sebesar 96,6% (sangat valid), penilaian ahli materi 5 91,26% sedangkan hasil uji kepraktisan diperoleh dari hasil tanggapan guru sebesar 92,48% (sangat layak digunakan, tanpa revisi) dan respon siswa sebesar 97,11% (sangat layak digunakan, tanpa revisi). Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahan ajar dapat digunakan sebagai bahan ajar alternatif guru dalam pembelajaran, sehingga peserta didik tertarik dan termotivasi dalam penggunaan bahan ajar tersebut. Kesimpulannya Bahan Ajar Berbasis Kearifan Lokal Kelas III Sekolah Dasar tema perkembangan teknologi sangat layak digunakan dikelas III. Berdasarkan penelitian ini saran yang dapat disampaikan adalah supaya Bahan Ajar Berbasis Kearifan Lokal Kelas III Sekolah Dasar dapat menjadi salah satu pilihan bahan ajar yang dapat digunakan oleh pendidik dalam mengajarkan materi tema perkembangan teknologi dan memberi pengealan kearifan lokal khususnya Kabupetan Batang pada kelas Sekolah Dasar di Kabupeten Batang, serta Bahan Ajar Kearifan Lokal Kelas III dapat dikembangkan menjadi bahan ajar yang baru oleh penelitian-penelitian selanjutnya. 
Institution Info

Universitas PGRI Semarang