DETAIL DOCUMENT
EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA SUBTEMA SUHU DAN KALOR SISWA KELAS V SD ISLAM PESANGGRAHAN SEMARANG
Total View This Week0
Institusion
Universitas PGRI Semarang
Author
PUSPITASARI, NADIA AMALIA DARA
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2024-01-22 08:11:59 
Abstract :
NADIA AMALIA DARA PUSPITASARI. NPM 18120015. ?Efektivitas Model Pembelajaran Discovery Learning dalam Meningkatkan Hasil Belajar pada Subtema Suhu dan Kalor Siswa Kelas V SD Islam Pesanggrahan?. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang. 2022/2023. Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah menunjukkan bahwa tingkat belajar siswa masih tergolong rendah, sehingga masih banyak siswa yang mendapatkan nilai dibawah KKM, kegiatan siswa Ketika pembelajaran tidak aktif dan kemandirian peserta didik masih kurang. Permasalahan penelitian ini adalah ?Bagaimanakah efektifitas model pembelajaran Discovery Learning dalam Meningkatkan Hasil Belajar pada Subtema Suhu dan Kalor Siswa Kelas V SD Islam Pesanggrahan??. Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran Discovery Learning dalam Meningkatkan Hasil Belajar pada Subtema Suhu dan Kalor Siswa Kelas V SD Islam Pesanggrahan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen kuantitatif dan menggunakan desain PreExperimental Desaigns dengan bentuk One-Grup Pretest-Posttest Design. Populasi yang digunakan dalam penelitian adalah seluruh kelas V tahun pelajaran 2023/2023. Sampel yang diambil adalah 25 siswa dengan menggunakan Teknik Random Sampling. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui tes, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan hasil belajar siswa setelah diberi perlakuan menggunakan model pembelajaran Discovery Learning yang dapat dilihat dari hasil pretest dan posttest. Rata-rata pretest 48,40 sedangkan rata?rata posttest 83,6. Hal ini dibuktikan dengan taraf signifikansi 5% menunjukkan t hitung > t tabel yaitu 30,04 > 2,060 artinya Ho ditolak dan Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Discovery Learning efektifitas dalam Meningkatkan Hasil Belajar pada Subtema Suhu dan Kalor Siswa Kelas V SD Islam Pesanggrahan. Berdasarkan hasil penelitian saran yang dapat disampaikan adalah supaya model Discovery Learning dapat digunakan sebagai salah satu alternatif guru dalam mengajar untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Kata Kunci : Discovery Learning, subtema suhu dan kalor, tingkat hasil belajar siswa. 
Institution Info

Universitas PGRI Semarang