DETAIL DOCUMENT
PENERAPAN MODEL THINK TALK WRITE (TTW) DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS BIOGRAFI PESERA DIDIK KELAS X SMAN 14 SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2022/2023
Total View This Week0
Institusion
Universitas PGRI Semarang
Author
Santoso, Nadila Fara Maudita
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2024-01-22 08:16:52 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan dan hasil penerapan model Think Talk Write (TTW) untuk meningkatkan keterampilan menulis teks biografi peserta didik kelas X SMA Negeri 14 Semarang Tahun Pelajaran 2022/2023. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan Teknik triangulasi. Penyajian hasil analisis data dilakukan secara informal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran Think Talk Write (TTW) dapat diterapkan dalam proses pembelajaran menulis teks biografi pada peserta didik kelas X SMA Negeri 14 Semarang tahun ajaran 2022/2023. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara, peserta didik dapat mengikuti tahapan model pembelajaran dengan baik dan benar. Proses pembelajaran juga dapat terlaksana dengan kondusif. Guru juga menjelaskan materi dan membuat proses pembelajaran dengan model pembelajaran Think Talk Write (TTW) dengan baik. Hasil dokumentasi nilai peserta didik menyusun teks biografi setelah menggunakan teks biografi menunjukkan bahwa terdapat 26 peserta didik mendapatkan predikat baik sekali, dan 10 peserta didik mendapatkan nilai dengan predikat baik. Tidak ada peserta didik yang memperoleh nilai di bawah KKM. Kata kunci: Menulis, Teks Biografi, Think Talk write. 
Institution Info

Universitas PGRI Semarang