Institusion
Universitas PGRI Semarang
Author
Santoso, Nadila Fara Maudita
Subject
L Education (General)
Datestamp
2024-01-22 08:16:52
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan dan hasil
penerapan model Think Talk Write (TTW) untuk meningkatkan keterampilan
menulis teks biografi peserta didik kelas X SMA Negeri 14 Semarang Tahun
Pelajaran 2022/2023. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Pengumpulan
data dilakukan dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis
data dilakukan dengan Teknik triangulasi. Penyajian hasil analisis data dilakukan
secara informal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran Think
Talk Write (TTW) dapat diterapkan dalam proses pembelajaran menulis teks
biografi pada peserta didik kelas X SMA Negeri 14 Semarang tahun ajaran
2022/2023. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara, peserta didik dapat
mengikuti tahapan model pembelajaran dengan baik dan benar. Proses
pembelajaran juga dapat terlaksana dengan kondusif. Guru juga menjelaskan materi
dan membuat proses pembelajaran dengan model pembelajaran Think Talk Write
(TTW) dengan baik. Hasil dokumentasi nilai peserta didik menyusun teks biografi
setelah menggunakan teks biografi menunjukkan bahwa terdapat 26 peserta didik
mendapatkan predikat baik sekali, dan 10 peserta didik mendapatkan nilai dengan
predikat baik. Tidak ada peserta didik yang memperoleh nilai di bawah KKM.
Kata kunci: Menulis, Teks Biografi, Think Talk write.