DETAIL DOCUMENT
GAMABUL (GAME ANTI CYBERBULLYING) SEBAGAI EDUKASI CYBERBULLYING BERBASIS WEB DENGAN ALGORITMA RULE BASED
Total View This Week0
Institusion
Universitas PGRI Semarang
Author
HAKIM, SUKMA MAULANA
Subject
T Technology (General) 
Datestamp
2024-01-24 01:48:49 
Abstract :
Semakin kompleksnya masalah remaja sekarang, diambil dari sudut bullying atau kekerasan antara teman dampak nya dapat mengganggu perkembangan sosio-emosional remaja baik pelaku maupun korban cyberbullying. Saat ini game menjadi salah satu bagian dalam kehidupan masyarakat modern dari anak kecil sampai dengan orang dewasa. Berdasarkan kajian di atas maka dengan banyaknya orang yang memainkan game maka pengembangan game (game development) mulai mengarah ke dalam industri game edukasi. Penulis melakukan review jurnal edukasi tentang pembuatan game edukasi yang akan dimodifikasi menjadi game Gamabul. Gamabul menggunakan Algoritma Rule Based adalah suatu pemilihan statemen/pernyataan yang akan dieksekusi dimana pemilihan tersebut didasarkan pada kondisi tertentu. Gamabul menggunakan pendekatan sistem yang digunakan adalah dengan menggunakan pendekatan berorientasi objek dan pengembangan sistem dengan menggunakan metode Prototype. Pengumpulan data melalui pengamatan atau peninjauan secara langsung yang berkaitan dengan penelitian atau pengamatan dilakukan di SMP N 2 Gemuh. Hasil pengujian white box berdasarkan Comlexity Cyclomatic menghasilkan 3 path dan black box testing memiliki tingkat keberhasilan dengan presentase 100% dan tingkat kegagalan 0% serta UAT sebesar 88,4%. Kata Kunci: Game, Cyberbullying, Rule based 
Institution Info

Universitas PGRI Semarang