DETAIL DOCUMENT
PROFIL COMPUTATIONAL THINKING (CT) SISWA KELAS X SMA NEGERI DI KABUPATEN PURBALINGGA PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI
Total View This Week0
Institusion
Universitas PGRI Semarang
Author
Wulandari, Nurindah
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2024-01-24 01:50:21 
Abstract :
Computational Thinking atau dapat disebut dengan berpikir komputasi adalah kemampuan siswa untuk menyelesaikan masalah melalui empat tahap, yaitu merumuskan masalah, menentukan pola, menyusun algoritma, dan menggeneralisasi model untuk mendapatkan solusi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui profil Computational Thinking siswa kelas X SMA negeri di Kabupaten Purbalinga pada pembelajaran biologi. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri di Kabupaten Purbalingga, jumlah sampel yang diambil sejumlah 337 siswa. Teknik sampling yang digunakan yaitu proportionate stratified random sampling. Dalam penelitian ini menggunakan instrument berupa soal tes, angket, wawancara, dan lembar observasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kemampuan Computational Thinking pada siswa kelas X SMA Negeri di Kabupaten Purbalingga pada pembelajaran biologi yaitu ?bervariasi?. Kemampuan Computational Thinking pada tiap sekolah diperoleh nilai rata ? rata tertinggi yaitu SMA A sebesar 67,46 dengan kategori ?cukup?, sedangkan rata ? rata terendah yaitu SMA C sebesar 43,12 dengan kategori ?cukup?. Indikator kemampuan Computational Thinking tertinggi yaitu C2 ?pengenalan pola? dengan rata ? rata sebesar 66,28 dengan kategori ?tinggi?, sedangkan rata ? rata terendah yaitu C3 ?abstraksi? dengan rata ? rata sebesar 41.52 dengan kategori ?cukup?. Kata kunci: Profil, Berpikir Komputasi, Kemampuan 
Institution Info

Universitas PGRI Semarang