DETAIL DOCUMENT
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MONOPOLI MATERI PERKEMBANGBIAKAN TUMBUHAN PADA KURIKULUM MERDEKA UNTUK SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR
Total View This Week0
Institusion
Universitas PGRI Semarang
Author
AZIGHAH, NA’ILA NAHDA
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2024-01-24 02:01:52 
Abstract :
NA?ILA NAHDA AZIGHAH. NPM 19120211. ?Pengembangan Media Pembelajaran Monopoli Materi Perkembangbiakan Tumbuhan pada Kurikulum Merdeka untuk Siswa Kelas IV Sekolah Dasar?. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Dosen Pembimbing I Sunan Baedowi, S.Pd.I., M.Si. Dosen pembimbing II Wawan Priyanto, S.Pd., M.Pd. 2023. Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah kurang maksimalnya pembelajaran IPAS materi perkembangbiakan tumbuhan karena kurangnya media pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan siswa, kekurangan ini menyebabkan siswa menjadi tidak antusias, mudah bosan dan tidak aktif dalam proses pembelajaran. Tujuan dari penelitian pengembangan ini adalah untuk menghasilkan media pembelajaran monopoli, menganalisis kevalidan dan menganalisis kepraktisan pada media pembelajaran monopoli materi perkembangbiakan tumbuhan pada Kurikulum Merdeka untuk siswa kelas IV Sekolah Dasar. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah Research and Development (RnD). Teknik pengumpulan data dengan skala Likert dan Guttman. Model Penelitian yang digunakan adalah ADDIE (Analyze, Design, Develop, Implement, Evaluate). Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi, dan angket. Subjek penelitian yaitu 28 siswa dan 1 guru kelas IV SD 01 Kalicari Semarang. Penelitian pengembangan ini menghasilkan produk berupa media pembelajaran monopoli dengan penilaian kevalidan ahli media sebesar 96% dengan kriteria ?Sangat Layak? dan hasil validasi ahli materi sebesar 96% dengan kriteria ?Sangat Layak?. Hasil penilaian kepraktisan berdasarkan hasil angket tanggapan guru sebesar 97% dengan kriteria ?Sangat Layak? dan hasil angket tanggapan siswa sebesar 98% dengan kriteria ?Sangat Layak?. Dengan demikian media pembelajaran monopoli dapat dikatakan valid dan praktis, dan dapat dipergunakan secara maksimal dalam menyampaikan materi Perkembangbiakan Tumbuhan karena media pembelajaran monopoli dibuat sesuai dengan kebutuhan siswa kelas IV Sekolah Dasar yang senang bermain sambil belajar. Kata Kunci : Penelitian Pengembangan, Kurikulum Merdeka, Media pembelajaran 
Institution Info

Universitas PGRI Semarang