DETAIL DOCUMENT
ANALISIS KESULITAN BELAJAR MATEMATIKA PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN PADA BILANGAN PECAHAN KELAS 5 DI SD N 2 PURWOKERTO
Total View This Week0
Institusion
Universitas PGRI Semarang
Author
Perdana, Tsaqib Hilmy
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2024-01-24 02:06:11 
Abstract :
Perdana Hilmy Tsaqib 2023, Analisis Kesulitan Belajar Matematika Penjumlahan Dan Pengurangan Pada Bilangan Pecahan Kelas 5 Di SDN 2 Purwokerto. Tujuan dicapai di penelitian ini adalah menganalisis kesulitan belajar matematika penjumlahan dan pengurangan pada bilangan pecahan kelas 5 di SDN 2 Purwokerto Mengetahui alternatif dari kesulitan belajar matematika penjumlahan dan pengurangan pada bilangan pecahan kelas 5 di SDN 2 Purwokerto dapat mengatasi kekurangi tingkat kesalahan dan mengatasi kesulitan siswa dalam belajar pecahan bilangan matematika. Dalam penelitian ini metode yang digunakan adalah motode deskriptif, yaitu penelitian yang berusaha untuk mendeskripsikan suatu gejala peristiwa atau kejadian secara sistematis dan akurat mengenai sifat-sifat populasi atau daerah tertentu. Penelitian bersifat kualitatif yaitu penelitian yang bermaksud untuk memahami fenomena tentang apa yang dialami oleh subjek penelitian misalnya perilaku, persepsi, motivasi, tindakan, secara holistic dengan cara deskripsi dalam bentuk kata-kata atau bahasa pada suatu konteks khusus yang alamiah dan dengan memanfaatkan berbagai metode alamiah. Pengumpulan data penelitian ini dilakukan dalam dua tahap, yaitu persiapan penelitian dan pengambilan data. Persiapan Penelitian; Pada tahap persiapan penelitian yang dilakukan adalah mendapatkan data kelas yang menjadi subjek penelitian. Pengambilan data penelitian, Pada tahap pengambilan data yang dilakukan yaitu menganalisis hasil tes uraian, mewawancarai peserta didik dan mengobservasi secara langsung pada saat kegiatan belajar mengajar (untuk mengetahui faktor-faktor yang dapat menyebabkan kesulitan belajar matematika). 
Institution Info

Universitas PGRI Semarang