DETAIL DOCUMENT
ANALISIS IMPLEMENTASI KONSEP WELL-BEING SISWA DALAM PEMBELAJARAN BIOLOGI DI SMA KABUPATEN PEMALANG
Total View This Week0
Institusion
Universitas PGRI Semarang
Author
Inayah, Ulief
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2024-01-24 02:08:32 
Abstract :
Sekolah yang baik merupakan sekolah yang diharapkan mampu memberikan pengalaman terbaik kepada siswa, sehingga siswa merasa baik secara fisik dan mental, karena kesejahteraan (Well-Being) siswa mempengaruhi hampir setiap optimalisasi kegiatan siswa di Sekolah. Kebahagiaan dan kepuasan hidup yang dialami siswa di sekolah merupakan faktor penting untuk melihat seberapa tinggi kesejahteraan (Well-Being) mental siswa tersebut. Pengalaman sekolah yang tidak menyenangkan dapat menjadi sumber utama stres dan memengaruhi kualitas hidup siswa. Hubungan yang positif antara siswa dan guru sangat penting untuk menciptakan suasana belajar yang baik karena siswa menghabiskan sebagian besar waktunya di sekolah dan dalam kelas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan konsep well-being siswa dalam pembelajaran biologi di SMA Kabupaten Pemalang. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa SMA Negeri dan Swasta di tengah dan tepi Kabupaten Pemalang dengan jumlah 221 siswa. Teknik pengambilan sampel yang diguanakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling. Dalam penelitian ini menggunakan instrument lembar observasi sekolah, lembar wawancara guru dan lembar angket siswa. Dari hasil penelitian ini menunjukan bahwa rata-rata secara keseluruhan siswa SMA di kabupaten Pemalang yaitu sebesar 72,8 yang mana termasuk dalam kategori ?Tinggi?. Dilihat dari range kategori siswa, bahwa rata-rata tiap SMA yaitu SMA Negri 3 Pemalang sebesar 77,5 ?Tinggi?, SMA Negeri 1 Bantarbolang sebesar 72,9 ?Cukup?, SMA Muhammadiah 2 Pemalang sebesar 60,4 ?Cukup? dan SMA PGRI 1 Taman sebesar 75,6 ?Tinggi?. Bahwa hasil penelitian penerapan konsep Kesejahteraan Siswa SMA di Kabupaten Pemalang adalah baik. Dikatakan berhasil bukan karena berstatus sekolah negeri atau swasta dan berada di tengah atau di pinggir kabupaten, melainkan kultur atau faktor budaya yang dibangun dari masing-masing sekolah. Kata kunci: Konsep Well-Being, Heving, Loving, Being, Health 
Institution Info

Universitas PGRI Semarang