DETAIL DOCUMENT
PENGARUH BAHAN AJAR BERORIENTASI LIFE SKILLS BERBASIS STEAM (SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING, ART, AND MATHEMATIC) UNTUK MENINGKATKAN LIFE SKILLS PESERTA DIDIK DI KELAS III SDN REJOSARI 01
Total View This Week0
Institusion
Universitas PGRI Semarang
Author
ATHIYAH, NELY
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2024-01-24 02:27:48 
Abstract :
Nely Athiyah. NPM 19120269. ?Pengaruh Bahan Ajar Berorientasi Life Skills Berbasis STEAM (Science, Technology, Engineering, Art, And Mathematic) Untuk Meningkatkan Life Skills Peserta Didik Di Kelas III Sdn Rejosari 01?. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang. 2023. Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah pengaruh bahan ajar berbasis STEAM bermuatan Life skills di SD Negeri Rejosari 01 yang belum menerapkan pembelajaran dengan menggunakan bahan ajar yang berbasis STEAM untuk mendukung potensi life skills yang dimiliki oleh peserta didik SDN Rejosari 01 baik generic life skills maupun spesific life skills sehingga pembelajaran kurang mendukung aktivitas peserta didik pada saat kegiatan pembelajaran dikelas berlangsung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh bahan ajar berbasis STEAM terhadap life skills peserta didik. Rumusan masalah peneliti dirumuskan sebagai berikut: Apakah pengaruh bahan ajar berorientasi life skills berbasis STEAM (science, technology, engineering, art, and mathematic) untuk meningkatkan life skills peserta didik di kelas III SDN Rejosari 01?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh bahan ajar berorientasi life skills berbasis STEAM (science, technology, engineering, art, and mathematic) untuk meningkatkan life skills peserta didik di kelas III SDN Rejosari 01. Jenis penelitian ini menggunakan kuantitatif dalam bentuk Pre Eksperimental Design yaitu bentuk nonquivelent pretest and posttest control group. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas III SDN Rejosari 01. Sampel yang diambil adalah 56 peserta didik yaitu kelas III C berjumlah 29 peserta didik sebagai kelas eksperimen dan kelas III D berjumlah 27 sebagai kelas kontrol. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui angket, observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian dari pengaruh bahan ajar berorientasi life skills berbasis STEAM ntuk meningkatkan life skills peserta didik di kelas III SDN Rejosari 01 pada sesudah perlakuan kelas eksperimen mendapat rata-rata 137,54 dan sesudah perlakuan pada kelas kontrol mendapat rata-rata 82,93. Sedangkan berdasarkan uji Paired sample t test, diketahui sig. (2-tailed) sebelum perlakuan dan sesudah perlakuan eksperimen sebesar .000 < 0.05 sehingga dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan sebelum dan sesudah perlakuan terhadap life skills peserta didik. Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat disampaikan adalah supaya bahan ajar berbasis STEAM digunakan pada saat pembelajaran di SD untuk membekalkan life skills peserta didik. 
Institution Info

Universitas PGRI Semarang