DETAIL DOCUMENT
STRATEGI PENGUATAN NILAI PROFIL PELAJAR PANCASILA DALAM KURIKULUM MERDEKA KELAS IV DI SDN PETERONGAN
Total View This Week0
Institusion
Universitas PGRI Semarang
Author
ARYANI, NIEGA
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2024-01-24 02:37:23 
Abstract :
NIEGA ARYANI. NPM 19120318. ?Strategi Penguatan Nilai Profil Pelajar Pancasila Dalam Kurikulum Merdeka Kelas IV di SDN Peterongan?. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang. 2023. Pembimbing I Prof. Dr. A.Y. Soegeng Ysh., M.Pd. dan Pembimbing II Eka Sari Setianingsih, S.Pd., M.Pd. Konteks penelitian yang mendorong penelitian ini adalah strategi penguatan nilai profil pelajar Pancasila. Dalam membangun karakter peserta didik, mengacuh pada ciri utama profil pelajar Pancasila. Salah satu target yang akan dicapai untuk mewujudkan profil pelajar Pancasila adalah membentuk generasi milenial yang Pancasialais. Peserta didik memiliki proses perkembangannya secara optimal dengan melakukan kegiatan pembiasaan di sekolah. Permasalahan dalam penelitian ini adalah (1) Apa saja nilai-nilai profil pelajar Pancasila dalam Kurikulum Merdeka kelas IV di SDN Peterongan? (2) Bagaimana strategi penguatan nilai profil pelajar Pancasila dalam Kurikulum Merdeka kelas IV di SDN Peterongan? (3) Bagaimanakah keefektifan nilai profil pelajar Pancasila ini adalah untuk mengetahui nilai, strategi dan keefektifan nilai profil pelajar Pancasila dalam Kurikulum Merdeka kelas IV di SDN Peterongan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Subjek penelitian pada penelitian kualitatif ini menggunakan purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti untuk mendapatkan data yang diperlukan dari narasumber atau sumber data yang lain adalah metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini difokuskan pada strategi penguatan nilai profil pelajar Pancasila dalam Kurikulum Merdeka kelas IV di SDN Peterongan. Hasil penelitian ini adalah berdasarkan observasi dan wawancara kepala sekolah dan guru kelas IV SDN Peterongan terdapat dua strategi melalui kegiatan pembiasaan sekolah dan projek dalam penguatan nilai profil pelajar Pancasila. Hal tersebut dilihat dari siswa mengucapkan salam kepada guru dan teman, membaca doa sebelum sesudah dan sebelum pembelajaran, melakukan ibadah sholat dzuhur dan dhuha, melakukan infak dan membaca asmaul husna setiap hari Kamis, pramuka, toleransi, mecintai dan menjaga lingkungan sekitar dan menghasilkan projek tabungan/celengan dengan pemanfaatan barang bekas. Berdasarkan penelitian ini, saran yang disampaikan adalah sekolah, diharapkan dapat menciptakan lingkungan belajar yang positif baik sarana dan prasarana. pendidik, sebaiknya dapat membimbing, mengarahkan serta memberikan motivasi dengan cara memberi contoh dan teladan yang baik, agar siswa meniru perilaku guru dan terwujudnya menjadi pelajar yang pancasilais serta berkarakter. 
Institution Info

Universitas PGRI Semarang