DETAIL DOCUMENT
ANALISIS PENERAPAN METODE JARIMATIKA PADA OPERASI HITUNG PERKALIAN BILANGAN SISWA KELAS 3 SDN KALICARI 01 SEMARANG
Total View This Week0
Institusion
Universitas PGRI Semarang
Author
CHOIRIYAH, NIKMATUL
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2024-01-24 02:39:57 
Abstract :
NIKMATUL CHOIRIYAH, NPM 19120233 ?Analisis Penerapan Metode Jarimatika Pada Operasi Hitung Perkalian Bilangan Siswa Kelas 3 SDN Kalicari 01 Semarang? Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang. Dosen pembimbing I Sunan Baedhowi, M.Si. Dosen Pembimbing II Dr. Kartinah, S.Si, M.Pd. Konteks penelitian yang melatar belakangi penelitian ini, yaitu kemampuan berhitung merupakan salah satu kegiatan yang dapat mengembangkan kemampuan dasar matematika anak di masa tahapan awal perkembangannya. Didapati rendahnya kemampuan berhitung siswa khususnya pada operasi hitung perkalian. Hal ini dibuktikan dengan rendahnya nilai ulangan harian matematika pada materi perkalian kelas 3 Sekolah Dasar. Permasalahan pada penelitian ini, yaitu bagaimanakan analisis dari penerapan metode jarimatika pada operasi hitung perkalian bilangan siswa kelas 3 SDN Kalicari 01 Semarang?. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis penerapan metode jarimatika pada operasi hitung perkalian bilangan siswa kelas 3 SDN Kalicari 01 Semarang. Penelitian ini berjenis kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif. Sasaran peneliti adalah 6 subyek dari keseluruhan siswa yang berjumlah 28 siswa kelas 3B. Teknik dalam pengumpulan data mempergunakan observasi, tes, dan wawancara maupun dokumentasi. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa penerapan metode jarimatika dalam penerapannya cukup baik dan efektif. Hal ini dilihat dari observasi peneliti kepada siswa pada saat pelaksanaan penerapan metode jarimatika, wawancara yang dilakukan peneliti dengan siswa, serta pada hasil tes siswa setelah diterapkannya metode jarimatika. Siswa sangat berantusias dalam mengikuti pembelajaran. Metode jarimatika juga meningkatkan kemampuan pemahaman siswa, serta siswa lebih mudah untuk melakukan operasi hitung perkalian. Dalam pelaksanaannya, siswa terlihat lebih fokus, aktif dan terjadi peningkatan dalam rasa ingin tahunya. Bisa diperjelas bila metode jarimatika dalam penerapannya cukup baik, serta mampu mempermudah siswa dalam melakukan operasi hitung perkalian serta meningkatkan kemampuan pemahaman siswa. Kata kunci : Metode Pembelajaran, Jarimatika, Operasi Hitung, 
Institution Info

Universitas PGRI Semarang