DETAIL DOCUMENT
IMPLEMENTASI PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA PADA DIMENSI KREATIF DI SMP N 34 SEMARANG
Total View This Week0
Institusion
Universitas PGRI Semarang
Author
HARYANTO, BAGUS TRI
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2024-01-03 08:16:45 
Abstract :
Bagus Tri Haryanto. NPM 19210044. ?Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila pada Dimensi Kreatif di SMP N 34 Semarang?. Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan Keolahragaan, Universitas PGRI Semarang, 2023. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh Profil Pelajar Pancasila sebagai perwujudan pelajar sepanjang hayat yang memiliki enam dimensi ciri utama. Dari keenam tersebut dalam penelitian ini difokuskan pada dimensi kreatif, dalam implementasinya di lapangan belum dicapai dengan maksimal. Rumusan masalah penelitian ini, adalah: bagaimana implementasi projek penguatan profil pelajar pancasila pada dimensi kreatif di SMP N 34 Semarang. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan dan menganalisis implementasi penguatan profil pelajar Pancasila pada Dimensi Kreatif di SMP N 34 Semarang. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Fokus penelitian ini yakni implementasi projek penguatan profil pelajar Pancasila pada dimensi kreatif, Sub fokus dalam penelitian ini yakni, 1) Dimensi kreatif yang dimplementasikan pada projek penguatan profil pelajar Pancasila, 2) Tahapan implementasi projek penguatan profil pelajar Pancasila pada dimensi kreatif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan pengumpulan data, kondensasi data, penyajian dan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Hasil Penelitian menunjukkan: dimensi kreatif yang dimplementasikan pada projek penguatan profil pelajar Pancasila di SMP N 34 Semarang meliputi tiga elemen: (1) Menghasilkan gagasan yang orisinal diwujudkan siswa dengan membuat eco enzyme. (2) Menghasilkan karya dan tindakan yang orisinal diwujudkan siswa dalam pembuatan blog. (3) Memiliki keluwesan berpikir siswa dengan menemukan solusi permasalahan saat membuat projek dengan cara mencari sumber di internet. Tahapan implementasi projek penguatan profil pelajar Pancasila pada dimensi kreatif di SMP N 34 Semarang, meliputi: membentuk tim fasilitator projek yang sesuai dengan jenjang kelas yaitu kelas VII dan VIII. Mengidentifikasi tingkat kesiapan satuan pendidikan, melalui di awal pelaksanaan projek sebagian guru sudah mengenal pembelajaran berbasis projek. Merancang tema dan alokasi waktu projek dengan menetapkan dimensi kreatif. Menyusun modul projek pada dimensi kreatif, melalui modul eco enzyme dan alokasi waktu pelaksanaan 1 minggu. Merancang strategi pelaporan hasil projek dilaksanakan menggunakan alat evaluasi yang dirancang secara tertulis untuk mengukur kemampuan peserta didik dan dalam pelaporan hasil projek pada rapor projek. Kesimpulan: implementasi projek penguatan profil pelajar Pancasila di SMP N 34 Semarang pada prinsipnya sudah dilaksanakan sesuai dengan buku pedoman yang didasarkan pada Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 13 Tahun 2022, namun dimensi kreatif yang diimplementasi projek penguatan profil pelajar pancasila dan tahapan implementasi projek penguatan profil pelajar pancasila pada dimensi kreatif belum dicapai dengan maksimal. Kata Kunci: Implementasi, Profil Pelajar Pancasila, Dimensi Kreatif 
Institution Info

Universitas PGRI Semarang