DETAIL DOCUMENT
PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V PADA TEMA 6 SUBTEMA 1 DI SD NEGERI TANDANG 01 SEMARANG
Total View This Week0
Institusion
Universitas PGRI Semarang
Author
HUTAMI, NISA ERWINDA
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2024-01-24 02:54:41 
Abstract :
NISA ERWINDA HUTAMI. NPM 18120005. ?Pengaruh Model Project Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V Pada Tema 6 Subtema 1 Di SD Negeri Tandang 01 Semarang?. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang. Universitas PGRI Semarang. 2023. Dosen Pembimbing I: Ari Widyaningrum, S.Pd., M.Pd. Dosen Pembimbing II: Dr. Fine Reffiane, S.Pd., M.Pd. Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah kurang aktifnya siswa dan hasil belajar siswa rendah. Hal menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi hasil belajar kognitif siswa kurang maksimal dan perlu adanya perlakuan guna meningkatkan hasil belajar sehingga dengan adanya inovasi dalam pembelajaran tersebut dapat menarik minat belajar siswa untuk aktif dalam proses pembelajaran. Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah model pembelajaran project based learning berpengaruh untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada tema 6 subtema 1 kelas V SD Negeri Tandang 01 Semarang? Tujuan yang dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran project based learning untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada tema 6 subtema 1 kelas V SD Negeri Tandang 01 Semarang. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif. Desain penelitian ini menggunakan Pre Eksperimental Design yang berbentuk One Group Pretest Posttest Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SD Negeri Tandang 01 Semarang. Sampel yang digunakan yaitu siswa kelas V SD Negeri Tandang 01 Semarang yang terdiri dari 28 siswa. Teknik sampling dalam penelitian ini adalah mengggunakan sampling jenuh. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui tes, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan pada analisis awal adalah uji normalitas. Analisis akhir menggunakan uji normalitas, uji hipotesis, dan uji ketuntasan belajar individu. Rata-rata hasil belajar siswa yang menunjukkan pembelajaran tanpa menggunakan model pembelajaran project based learning (pretest) sebanyak 62,7%. Sedangkan rata-rata hasil belajar siswa setelah diberi perlakuan (posttest) dengan menggunakan model pembelajaran project based learning sebanyak 65,9%. Hal tersebut diperkuat dengan hasil perhitungan diperoleh thitung = -2,022 selanjutnya dibandingkan dengan ttabel = dengan df = 27-1 pada taraf signifikan ? = 5%. Hasil ini menunjukkan bahwa thitung < ttabel yaitu < maka H0 ditolak dan Ha diterima atau dapat dikatakan bahwa model pembelajaran project based learning berpengaruh untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada tema 6 subtema 1 kelas V SD Negeri Tandang 01 Semarang. Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat peneliti sampaikan guru dapat menggunakan model pembelajaran project based learning digunakan dalam kegiatan pembelajaran 
Institution Info

Universitas PGRI Semarang