DETAIL DOCUMENT
IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER CINTA TANAH AIR DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA SISWA KELAS VII SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 43 SEMARANG
Total View This Week0
Institusion
Universitas PGRI Semarang
Author
ASTUTI, NOFITA FIFIN
Subject
JA Political science (General) 
Datestamp
2024-01-24 02:59:32 
Abstract :
Skripsi berjudul ?Implementasi Pendidikan Karakter Cinta Tanah Air dalam Pembelajaran Pendidikan Pancasila Siswa Kelas VII SMP N 43 Semarang?. Dilatarbelakangi oleh dengan arus perkembangan global yang pesat menyebabkan karakter pada anak yang belum optimal trutama di lingkungan sekolah yaitu karakter cinta tanah air dalam Pembelajaran Pendidikan Pancasila. Rumusan masalah yang diangkat dalam penelitian ini adalah bagaimana implementasi pendidikan karakter cinta tanah air dalam pembelajaran Pendidikan Pancasila siswa kelas VII SMP N 43 Semarang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengenatahui bagaimana implementasi pendidikan karakter cinta tanah air dalam pembelajaran Pendidikan Pancasila siswa kelas VII SMP N 43 Semarang. Jenis penelitian yang digunakan deskriptif kualitatif. Lokasi penelitian di SMP N 43 Semarang. Informan penelitian adalah Waka Kesiswaan I dan II, Guru Pendidikan Pancasila dan siswa. Fokus penelitian adalah ?Implementasi Pendidikan Karakter Cinta Tanah Air dalam Pembelajaran Pendidikan Pancasila Siswa Kelas VII SMP N 43 Semarang? dengan sub fokus sebagai berikut : 1) Strategi implemetasi pendidikan karakter cinta tanah air. 2) Penerapan pendidikan karakter cinta tanah air. 3) sarana dan prasarana pada pengimplementasian pendidikan karakter cinta tanah air. 4) penanaman sikap rela berkorban dan patriotism untuk mengimplementasikan pendidikan karakter cinta tanah air. 5) melestarikan budaya pada pengimplementasian pendidikan karakter cinta tanah air. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan pengumpulan data, reduksi data, penyajian, dan verivikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) strategi yang digunakan dalam pengimplementasian pendidikan karakter cinta tanah air yaitu dengan menggunakan media dan metode pembelajaran di SMP N 43 Semarang, serta melalui pembiasaan 5S (senyum, sapa, salam, sopan, dan santun). 2) melalui penerapannya sendiri ada dua penerapan melalui pembelajaran Pendidikan Pancasila dan di luar pembelajaran. 3) sarana dan prasarana, guru menggunakan sarana pembelajaran yang ada di sekolah (LCD, komputer, buku paket, dan papan tulis). Sarprasnya sendiri sudah memadai seperti ruang kelas yang memadai, perpustakaan, dan lapangan upacara. 4) penanaman sikap rela berkorban dan patriotisme, guru memerikan contoh kepada murid untuk menanamkan karakter cinta tanah air dengan gotong royong, cinta lingkungan, upacara bendera. 5) melestarikan budaya dengan ini, melalui pembiasaan di SMP N 43 Semarangsetiap hari jumat dan melalui ekstrakulikuler (Pramuka, Band, Karawitan, PMR, dan Paskibra) Kata Kunci : Pendidikan Karakter, Cinta Tanah Air, Pembelajaran Pendidikan Pancasila 
Institution Info

Universitas PGRI Semarang