DETAIL DOCUMENT
UPAYA MENINGKATKAN PERKEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL MELALUI METODE BERMAIN PERAN DI KELOMPOK A TK PGRI 117 SEMARANG TAHUN PELAJARAN
Total View This Week0
Institusion
Universitas PGRI Semarang
Author
MALICHAH, NOOR
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2024-01-24 03:04:06 
Abstract :
NOOR MALICHAH NPM 20156003 ?Upaya Meningkatkan Perkembangan Sosial Emosional Melalui Metode Bermain Peran di Kelompok A TK PGRI 117 Semarang Tahun Pelajaran 2022/2023? skripsi Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang. Universitas PGRI Semarang 2023 Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah pada umumnya anak usia dini kurang mengoptimalkan perasaan dan sosialnya, mereka lebih cenderung diam dan tertutup. Kenyataan dilapangan ketika anak melakukan pembelajaran tidak banyak yang memperlihatkan reaksi apapun baik itu senang, sedih, malu ataupun antusiasme, mereka lebih cenderung diam dan hanya nurut perintah guru. Permasalahan dalam penelitian ini adalah 1) kontrol emosi anak sangat rendah, 2) tingkat kesadaran diri untuk bersosial pada anak sangat minim, 3) metode yang diberikan ke anak monoton dan terbatas, 4) antusiasme anak dalam melakukan kegiatan pembelajaran rendah. Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengoptimalkan perkembangan sosial emosional anak usia 4-5 tahun pada kelompok A TK PGRI 117 Semarang tahun ajaran 2022/2023 melalui metode bermain peran. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dan pengumpulan data berupa perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subyek dalam penelitian ini sebanyak 23 anak kelompok A di TK PGRI 117 Semarang tahun ajaran 2022/2023. Dari hasil akhir dengan menggunakan teknik dua siklus diperoleh hasil peningkatan perkembangan aspek sosial emosional anak. Pada siklus I perkembangan sosial emosional anak meningkat mencapai prosentase 25% yaitu 5 anak yang berkembang sangat baik dan 8 anak yang berkembang sesuai harapan. pada siklus II perkembangan sosial emosional anak meningkat mencapai 80% yaitu 18 anak yang berkembang sangat baik dan 3 anak yang berkembang sesuai harapan. Perkembangan sosial emosional anak mengalami peningkatan yang signifikan indikator pencapaian kinerja tercapai dengan optimal. Kesimpulannya bahwa dengan metode bermain peran dapat mengembangkan dan mengoptimalkan kemampuan sosial emosional anak usia 4-5 tahun. Anak memperoleh sosial emosional dari lingkungan keluarga, masyarakat dan teman sekitar. Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat disampaikan adalah dalam mengembangkan kemampuan anak khususnya aspek sosial emosional dapat menggunakan metode yang berfariatif salah satunya adalah bermain peran. 
Institution Info

Universitas PGRI Semarang