DETAIL DOCUMENT
UPAYA GURU PPKN MENINGKATKAN PENDIDIKAN KARAKTER PEDULI SOSIAL SISWA MELALUI EKSTRAKURIKULER PALANG MERAH REMAJA DI MADRASAH ALIYAH NEGERI BATANG
Total View This Week0
Institusion
Universitas PGRI Semarang
Author
Nurdayati, Tamiya
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2024-01-24 03:15:57 
Abstract :
Latar belakang penelitian ini berdasarkan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 62 Tahun 2014 Pasal 1 Kegiatan intrakurikuler adalah kegiatan yang dilakukan pada saat jam efektif, kegiatan ekstrakurikuler adalah kegiatan yang dilakukan di luar jam pelajaran sekolah. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui upaya guru PPKn meningkatkan pendidikan karakter peduli sosial siswa melalui ekstrakurikuler Palang Merah Remaja di Madrasah Aliyah Negeri Batang. Jenis penelitian ini dengan menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Sumber data yang dijadikan sebagai sumber informasi yaitu pengurus PMR, guru PPKn dan siswa. Fokus dalam penelitin ini adalah Upaya Guru PPKn Meningkatkan Pendidikan Karakter Peduli Sosial Siswa Melalui Ekstrakurikuler Palang Merah Remaja di Madrasah Aliyah Negeri Batang. Indikator pada penelitian ini yaitu strategi guru PPKn dalam meningkatkan pendidikan karakter peduli sosial melalui ekstrakurikuler PMR di man batang, program yang di gunakan oleh guru PPKn dalam meningkatkan pendidikan karakter peduli sosial siswa melalui kegiatan ekstrakurikuler palang merah remaja, upaya yang dilakukan guru PPKn sebagai pendidik sekaligus motivator dalam meningkatkan peduli sosial siswa melalui ekstrakurikuler palang merah remaja, hambatan dan solusi guru PPKn meningkatkan pendidikan karakter peduli sosial siswa melalui kegiatan ekstrakurikuler Palang Merah Remaja. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data melalui pengumpulan data, reduksi data, penyajian, dan kesimpulan. Hasil penelitian terkait upaya guru PPKn meningkatkan pendidikan karakter peduli sosial siswa melalui ekstrakurikuler Palang Merah Remaja di Madrasah Aliyah Negeri Batang menunjukan bahwa Strategi guru PPKn yang menjadikan contoh yang baik bagi siswa dalam meningkatkan pendidikan karakter peduli sosial melalui ekstrakurikuler Palang Merah Remaja. Hambatan dan solusi guru PPKn meningkatkan pendidikan karakter peduli sosial siswa melalui kegiatan ekstrakurikuler Palang Merah Remaja, tujuan untuk melatih siswa agar memiliki wawasan yang luas. Kegiatan sosial seperti PP (Pertolongan Pertama), PRS (Pendidikan Remaja Sebaya), RSPS (Remaja Sehat Peduli Sesama), Doras (Donor Darah Sukarela), dan ASB (Ayo Siaga Bencana). Kata Kunci: Upaya guru PPKn, meningkatkan, pedidikan karakter, peduli sosial siswa 
Institution Info

Universitas PGRI Semarang