DETAIL DOCUMENT
PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS PBL UNTUK MENINGKATKAN ASPEK KOGNITIF PADA MATERI BANGUN RUANG KELAS V SEKOLAH DASAR
Total View This Week0
Institusion
Universitas PGRI Semarang
Author
RAMADHANI, NOVITA DEVI
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2024-01-24 03:43:17 
Abstract :
NOVITA DEVI RAMADHANI, NPM 19120231. ?Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis PBL Untuk Meningkatkan Aspek kognitif Pada Materi Bangun Ruang Kelas V Sekolah Dasar?. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas PGRI Semarang. Pembimbing I Dr. Joko Sulianto, S.Pd., M.Pd. dan Pembibing II Intan Rahmawati, S.Pd., M.Pd. 2023. Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah masih ada siswa yang belum bisa memahami penyampaian materi pembelajaran, khususnya dalam materi bangun ruang. Hal tersebut dikarenakan penyampaian materi dari guru yang masih monoton dan pembelajaran belum menggunakan media pembelajaran yang menarik. Siswa membutuhkan pembelajaran yang interaktif sehingga kegiatan beajar mengajar tidak menjadi hal yang membosankan. Penelitian ini bertujuan untuk. (1) untuk mengetahui ketersediaan multimedia interaktif berbasis PBL untuk meningkatkan aspek kognitif pada mater bangun ruang kelas V sekolah dasar; (2) untuk mengetahui langkah pengembangan multimedia interaktif berbasis PBL untuk meningkatkan aspek kognitif pada mater bangun ruang kelas V sekolah dasar; (3) untuk hasil uji coba pengembangan multimedia interaktif berbasis PBL untuk meningkatkan aspek kognitif pada mater bangun ruang kelas V sekolah dasar. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (research and development) yang digunakan untuk menghasilkan produk tertentu dan menguji kelayakan produk yang dikembangkan. Pengembangan multimedia interaktif berbasis PBL materi bangun ruang ini hanya sampai pada tahap uji coba lapangan. Penelitian dan pengembangan ini dilaksanakan di SD Negeri Banyuurip, hasil dari pengembangan multimedia interaktif berbasis PBL untuk meningkatkan aspek kognitif pada materi bangun ruang kelas V sekolah dasar sudah sangat layak digunakan guru untuk proses pembelajaran, tidak terdapat adanya revisi dari penilaian guru terhadap media dari hasil angket penilaian dan tanggapan guru dengan menggunakan checklist. Hasil validasi ahli materi memperoleh valditas 98% dan hasil validasi ahli media memperoleh validitas 100%. Media pembelajaran interaktif berbasis PBL juga dinyatakan praktis dengan dibuktikan dengan hasil respon guru sebesar 91,66% dan hasil respon siswa sebesar 100%. Tingkat keefektifan media terhadap hasil belajar peserta didik kelas V menunjukkan adanya peningkatan pada hasil post-test yang telah diuji menggunakan pengujian T-test. Berdasarkan hasil pre?test memperoleh nilai sebesar 62,08 dan nilai rata-rata post-test 84,58. Hal ini dapat disimpulkan media yang dikembangkan dapat meningkatkan hasil belajar dan termasuk dalam kategori ?sangat baik? dan ?sangat layak? untuk dapat digunakan dalam proses pembelajaran. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan saran yang dapat disampaikan adalah media pembelajaran interaktif berbasis PBL materi bangun ruang dapat digunakan guru dan siswa sebagai salah satu media pembelajaran disekolah dan perlu adanya pengembangan lebih lanjut. Hal ini bertujuan untuk menghasilkan media yang lebih berkualitas dan interkatif. 
Institution Info

Universitas PGRI Semarang