DETAIL DOCUMENT
PENGARUH E-BOOK UNTUK MENINGKATKAN PERSEPSI LITERASI MEMBACA SISWA KELAS III SDN GAYAMSARI 02 SEMARANG
Total View This Week0
Institusion
Universitas PGRI Semarang
Author
KAROMAH, TIARA DWI
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2024-01-24 03:41:11 
Abstract :
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah kurangnya antusias siswa dalam mengikuti pembelajaran literasi. Hal tersebut dilakukan karena kurangnya inovasi dalam pengajaran literasi membaca siswa yang selama ini hanya menggunakan media buku cetak. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah media baca e-book dapat meningkatkan persepsi literasi membaca siswa kelas III SD Negeri Gayamsari 02 Semarang? Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh e-book dalam meningkatkan persepsi literasi membaca siswa kelas III SDN Gayamsari 02 Semarang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dalam bentuk True Eksperimental dengan desain Pre-angket Post-angket Control-Group Design. Populasi dalam penelitian adalah siswa kelas III SDN Gayamsari 02 Semarang. Sampel yang diambil adalah siswa kelas III A sebagai kelompok eksperimen dan siswa kelas III B sebagai kelompok kontrol. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik cluster random sampling. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui observasi, angket, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan validitas, reliabilitas, uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis dalam penelitian ini menggunakan uji paired sample t-test. Hasil analisis pre-angket dan post-angket literasi membaca siswa kelompok eksperimen mengalami perubahan pada kategori sangat tinggi yang dapat dilihat dari prosentase yaitu kategori rendah dari 4% menjadi 0%, kategori sedang dari 12% menjadi 4%, kategori tinggi dari 60% menjadi 44%, dan kategori sangat tinggi dari 24% menjadi 52%. Sedangkan, hasil analisis pre-angket post angket literasi membaca siswa kelompok kontrol tidak mengalami perubahan pada kategori sangat tinggi yang dapat dilihat dari prosentase yaitu kategori rendah dari 11% menjadi 11%, kategori sedang dari 50% menjadi 46%, kategori tinggi dari 32% menjadi 36%, dan kategori sangat tinggi dari 7% menjadi 7%. Berdasarkan hasil uji-t pre-angket dan post-angket kelompok eksperimen sebesar .000 < 0.05 sehingga dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan sebelum dan sesudah perlakuan terhadap literasi siswa. Sedangkan hasil uji-t pre-angket dan post-angket kelompok kontrol sebesar .424 > 0.05 sehingga dapat disimpulkan bahwa tidak ada perbedaan hasil pretest dan posttest siswa pada kelas kontrol. Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat disimpulkan bahwa supaya media baca berupa e-book dapat menjadi salah satu inovasi yang tepat dalam meningkatkan persepsi literasi membaca siswa di era digital ini. 
Institution Info

Universitas PGRI Semarang