DETAIL DOCUMENT
PENGEMBANGAN BAHAN AJAR SENI RUPA BERBASIS QR FASE B PADA MATERI KARYA 3 DIMENSI
Total View This Week0
Institusion
Universitas PGRI Semarang
Author
ASHRY, TIARA NUR
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2024-01-24 03:44:47 
Abstract :
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah bahan ajar yang tersedia di sekolah kurang, sehingga guru menggunakan buku pegangan guru dan sumber lain yaitu dari internet. Akan tetapi sumber yang berasal dari internet kurang lengkap dibandingkan sumber yang berasal dari buku. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mendeskripsikan proses pengembangan bahan ajar seni rupa berbasis QR Fase B (2)Mendeskripsikan hasil uji coba lapangan awal dan mengetahui tingkat pemahaman konsep Seni Rupa Fase B SDN 1 Tunjungan dan SDN 2 Semampir saat menggunakan bahan ajar. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan 5 tahapan yaitu Potensi dan masalah, Pengumpulan data, Desain produk,Validasi desain dan Revisi desain yang digunakan untuk menghasilakan produk tertentu dan menguji kelayakan produk yang dikembangkan. Tahap tersebut menghasilakan data yang diantaranya potensi masalah yaitu kurangnya ketersediaan buku bahan ajar untuk mempermudah pada saat melaksanakan proses pembelajaran; Pengumpulan data melalui observasi,angket, dan dokumentasi; Desain produk melalui story board yang telah dibuat; Validasi desain melalui validasi ahli materi dan media pembelajaran dan revisi desain yaitu dari ahli materi bahwa CP dan ATP disesuaikan dengan modul yang digunakan guru dan dari ahli media bahwa warna pada buku dibuat cerah agar sesuai dengan karakteristik siswa,bawah QR Code diberikan URL untuk mempermudah guru dan siswa apabila tidak bisa scan dapat menulis URL yang sudah disediakan selain itu pada link daftar pustaka dibuat singkat dan langsung mengarah ke link tersebut. Berdasarkan hasil penelitian ini saran untuk guru yang dapat disampaikan yaitu sebaiknya guru dapat mengembangkan bahan ajar yang ada menjadi bahan ajar yang menarik dan materi yang didalamnya mudah dipahami oleh siswa sehingga siswa tertarik untuk mempelajari buku tersebut. 
Institution Info

Universitas PGRI Semarang