DETAIL DOCUMENT
PENGARUH PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI BERBASIS ADVENTURE EDUCATION TERHADAP KECERDASAN KINESTETIK DAN INTERPERSONAL PADA SISWA KELAS V DI SD NEGERI PETOMPON 02 SEMARANG TAHUN AJARAN 2023/2024
Total View This Week0
Institusion
Universitas PGRI Semarang
Author
Yuliana, Tiara
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2024-01-24 03:53:08 
Abstract :
Latar belakang penelitian ini berdasarkan UU Nomor 20 pada Tahun 2003 menyatakan bahwa pendidikan diatur sebagai cara untuk mengerti dan terstruktur guna memiliki situasi belajar dan cara pembelajaran supaya siswa atau peseta didik bisa aktif dalam menyampaikan keahlian yang ada pada dirinya agar punya kekuatan spiritual religius, pengendalian diri, bisa mandiri, kecakapan atau kepandaian, bersopan santun dan berbudi luhur serta keterampilan yang ada pada dirinya sendiri, orang dilingkungan bangsa dan negara. Jenis penelitian ini dengan menggunakan penelitian pengembangan. Teknik pengambilan sempel yang dilakukan dengan Probability Sampling melalui Cluster Random Sampling. Variabel bebas (X1) dalam penelitian ini adalah adventure education sedangakan Variabel Terikat ini adalah Kecerdasan kinestetik (Y1) dan Kecerdasan interpersonal (Y2). Teknik pengumpulan data melalui observasi dan tes. Teknik Analisis data yaitu analisis Statistik deskriptif, Uji normalitas, Uji homogenitas, Uji hipotesis Hasil penelitian terkait Upaya Pembelajaran Pendidikan Jasmani Berbasis Adventure Education terhadap Kecerdasan Kinestetik dan Interpersonal pada Siswa Kelas V di SD Negeri Petompon 02 Semarang Tahun Ajaran 2023/2024 adalah model pembelajaran adventure education menunjukan bahwa, terdapat pengaruh yang signifikan terhadap kecerdasan interpersonal dan kecerdasan kinestetik dalam pembelajaran PJOK siswa kelas V SD Negeri petompon 02 Semarang. Kata Kunci : Adventure Education, Kecerdasan Kinestetik, kecerdasan Interpersonal 
Institution Info

Universitas PGRI Semarang