DETAIL DOCUMENT
ANALISIS KEMAMPUAN NUMERASI SISWA DAN KOMUNIKASI MATEMATIS BERDASARKAN TIPE KEPRIBADIAN
Total View This Week0
Institusion
Universitas PGRI Semarang
Author
CHATMININGTYAS, NUR AZIZAH
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2024-01-24 03:56:51 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan sebagai langkah awal guru untuk mengetahui kemampuan numerasi siswa dan komunikasi matematis berdasarkan tipe kepribadian extrovert dan introvert. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah satu siswa tipe kepribadian extrovert dan satu siswa tipe kepribadian introvert. Pemilihan subjek berdasarkan hasil pengambilan angket tipe kepribadian EPQ-R short scale. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu angket, tes soal dan wawancara. Teknik analisis data pada penelitian ini yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Teknik pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi teknik. Berdasarkan analisis diketahui bahwa subjek dengan tipe kepribadian extrovert pada kemampuan numerasi mampu menggunakan berbagai macam simbol atau angka yang berkaitan dengan konsep matematika dasar yang terdapat konteks kehidupan sehari-hari dan mampu menganalisis informasi (tabel, diagram, grafik, bagan dan lain sebagainya), jika pada kemampuan komunikasi matematis mampu merepresentasikan ide-ide matematis melalui lisan ataupun tulisan. Sedangkan subjek dengan tipe kepribadian introvert pada kemampuan numerasi subjek mampu menggunakan berbagai macam simbol atau angka yang berkaitan dengan konsep matematika dasar yang terdapat konteks kehidupan sehari?hari, mampu menganalisis informasi (tabel, diagram, grafik, bagan dan lain sebagainya) dan mampu menafsirkan hasil analisis guna memprediksi dan menentukan sebuah keputusan, jika pada kemampuan komunikasi matematis mampu merepresentasikan ide-ide matematis melalui lisan ataupun tulisan, mampu menginterpretasikan hasil penyelesaian masalah dengan ide-ide matematis melalui lisan ataupun tulisan, dan mampu menggambarkan hubungan terhadap situasi yang ada pada konflik melalui representasi matematis yang kemudian ditarik kesimpulannya. Kata Kunci: Kemampuan Numerasi, Kemampuan Komunikasi Matematis, Tipe Kepribadian 
Institution Info

Universitas PGRI Semarang