DETAIL DOCUMENT
PENGEMBANGAN APLIKASI PEMBELAJARAN TEMATIK DI KELAS IV SEKOLAH DASAR
Total View This Week0
Institusion
Universitas PGRI Semarang
Author
NOVIANTO, TILEO
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2024-01-24 03:59:37 
Abstract :
Kemampuan literasi merupakan salah satu aspek utama pendidikan untuk memperkuat keterampilan dan kompetensi pembelajaran peserta didik Sekolah Dasar. Media pembelajaran yang sering digunakan ialah ceramah, tanya jawab, pembelajaran demontrasi dan diskusi, selama mengajar di kelas IV masih jarang menggunkan media pembelajaran yang interaktif masih secara manual dengan menggunakan buku, pada proses pembelajaran berlangsung anak anak kurang atusias karena merasa bosan. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana kepraktisan dan kevalidan aplikasi pembelajaran tematik kelas IV di Sekolah Dasar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kepraktisan dan kevalidan aplikasi pembelajaran tematik kelas IV di Sekolah Dasar. Prosedur penelitian dan pengembangan ini melakukan penerapan prosedur ADDIE. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas IV SD Negeri Baturejo 01 dan SD Islam Sukolilo. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan angket. Hasil uji penilaian ahli materi dan media pembelajaran adalah 94,5%. Dimana skor tersebut tertera antara interval 81%-100% dengan kategori ?sangat layak?. Sedangkan hasil angket respon guru sebesar 92,3% dan siswa sebesar 99,5%. Dimana skor tersebut tertera antara interval 81%-100% dengan kategori ?sangat layak?. Berdasarkan hasil validasi ahlimateri dan media serta hasil angket guru dan siswa, maka media pembelajaran tematik kelas IV di Sekolah Dasar valid dan praktis digunakan dalam pembelajaran. Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat disampaikan yaitu pihak sekolah sebaiknya mendorong dan memfasilitasi guru untuk mengembangkan media pembelajaran yang mampu bertahan lama dan menarik bagi peserta didik 
Institution Info

Universitas PGRI Semarang