DETAIL DOCUMENT
ANALISIS KESULITAN BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS III SD N MRANAK 01 DEMAK
Total View This Week0
Institusion
Universitas PGRI Semarang
Author
QOMARIYAH, NURUL
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2024-01-24 04:28:12 
Abstract :
NURUL QOMARIYAH. NPM 191200050. ?Analisis Kesulitan Belajar Matematika Siswa Kelas III SD Negeri Mranak 01 Demak? . Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang Tahun 2023. Dosen Pembimbing I: Bapak Dr. H. Rahmat Rais, M. Ag. Dosen Pembimbing II Ibu Aries Tika Damayani, S.Pd., M. Pd. Latar Belakang yang mendorong penelitian ini adalah masih ditemukan kesulitan yang dialami peserta didik dalam menyelesaikan soal pecahan pada mata pelajaran matematika dikelas III materi operasi hitung pecahan. Permasalahan pada penelitian ini adalah apa saja kesulitan belajar yang dialami peserta didik siswa kelas III SD N Mranak 01 Demak dalam menyelesaikan operasi hitung pecahan dan faktor apa saja yang menyebabkan peserta didik mengalami kesulitan belajar dalam operasi hitung pecahan pada peserta didik kelas III SD N Mranak 01 Demak. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kesulitan ? kesulitan apa saja yang dialami oleh peserta didik dalam menyelesaikan soal ? soal materi pecahan pada siswa kelas III SD N Mranak 01 Demak. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Menggunakan metode tes, observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III SD N Mranak 01 Demak. Hasil penelitian ini adalah adalah peserta didik kelas III SD N Mranak 01 Demak yang berjumlah 26 siswa, yang mengalami kesulitan belajar pada materi pecahan adalah 8 siswa. Dalam penelitian ini terdapat beberapa temuan yaitu : (1) kesulitan belajar yang dialami peserta didik SD N Mranak 01 Demak meliputi (a) kesulitan dalam operasi hitung pecahan decimal, (b) kesulitan dalam operasi hitung pecahan campuran dan, (c) kesulitan dalam operasi hitung soal cerita. (2) faktor yang menyebabkan kesulitan belajar belajar operasi hitung pecahan pada peserta didik kelas III SD N Mranak 01 Demak meliputi : a) faktor motivasi dan sikap, b) faktor lingkungan, c) faktor variasi guru dalam mengajar, d) faktor sarana dan prasarana di sekolah, serta e) faktor lingkungan masyarakat. Saran yang disampaikan yaitu kepada guru untuk bisa lebih memahami kesulitan belajar yang dialami oleh peserta didik kelas III dalam memecahkan masalah matematika materi pecahan. Saran kepada siswa yaitu agar siswa lebih teliti dalam mengerjakan soal, dari permasalahan tersebut siswa dapat menjadikan kesalahan tersebut menjadi pembelajaran agar menjadi lebih baik lagi. Kata Kunci : Kesulitan Belajar, Operasi Hitung, Pembagian. 
Institution Info

Universitas PGRI Semarang