DETAIL DOCUMENT
HUBUNGAN ANTARA KONSEP DIRI DENGAN KEPERCAYAAN DIRI SISWA PASCA PANDEMI DI SMP NEGERI 42 SEMARANG
Total View This Week0
Institusion
Universitas PGRI Semarang
Author
Umamy, Tri
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2024-01-24 04:33:04 
Abstract :
Latar Belakang Masalah yang mendorong penelitian ini adalah selama pandemi berlangsung dan dilakukan sekolah melalui daring dan pada saat dilakukan dengan sekolah luring sering dijumpai siswa yang malu saat pembelajaran, kurang berani berpendapat jika tidak ditunjuk, dan kurangnya rasa percaya diri untuk menunjukkan apa siswa bisa. Siswa belum memiliki konsep diri yang positif, konsep diri negatif yang terlihat dari siswa yang belum mengevaluasi dirinya dan suka menunda-nunda tugas yang diberikan oleh guru. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif korelasional, karena bertujuan untuk mengetahui hubungan dua variabel. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 42 Semarang yang berjumlah 170 siswa dari lima kelas. Try out dilaksanakan di kelas VIII E dengan jumlah 33 siswa. Teknik Sampling yang digunakan adalah Proportional Random Sampling dikatakan proporsional karena pengambilan subjek pada setiap angkatan ditentukan sebanding dengan banyaknya subjek dari masing-masing kelas, dan dikatakan random (acak) karena setiap subjek dalam populasi memiliki kesempatan yang sama untuk dipilih sebagai sampel. Analisis yang digunakan untuk menguji validitas adalah korelasi product moment dan reliabilitas menggunakan rumus Alpha. Hasil perhitungan uji korelasi konsep diri dengan kepercayaan diri mempunyai hubungan, terlihat dari rhitung 0,320 > rtabel 0,195. Analisis tersebut dapat disimpulkan bahwa konsep diri mempunyai hubungan positif dan signifikan dengan kepercayaan diri, maka dapat disimpulkan bahwa ada terdapat hubungan antara konsep diri dengan kepercayaan diri siswa pasca pandemi di SMP Negeri 42 Semarang dapat diuji secara empiris oleh data yang terkumpul dan diterima. Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat disampaikan hendaknya menumbuhkan pemahaman dan pengetahuannya mengenai hubungan konsep diri dengan kepercayaan diri. Kata kunci : Konsep Diri, Kepercayaan Diri 
Institution Info

Universitas PGRI Semarang