DETAIL DOCUMENT
PENERAPAN MODEL EXPERIENTAL LEARNING DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS DRAMA PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII SMPN 3 JEPARA TAHUN PELAJARAN 2022/2023
Total View This Week0
Institusion
Universitas PGRI Semarang
Author
ABSARI, OVY SENDYKA
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2024-01-24 04:43:41 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk memaparkan hasil penerapan penerapan model Experiental Learning dalam pembelajaran menulis teks drama pada peserta didik kelas VIII SMPN 3 Jepara tahun pelajaran 2022/2023. Penelitian ini menggunakan kualitatif deskriptif dengan data lengkap dideskripsikan sesuai keadaan saat dilakukannya penelitian. Data diperoleh dengan teknik tes dan nontes berupa observasi, angket, wawancara, dan dokumentasi. Kegiatan penelitian dilakukan secara urut mulai dari pendahuluan yang memuat salam, doa, kehadiran, apersepsi. Kegiatan inti mencakup pendalaman teori dasar, mengamati dan mempraktikkan contoh teks drama, menulis teks drama secara individu. Setelah selesai membuat teks drama peserta didik yang berjumlah 29 melakukan praktik pementasan drama yang dibentuk menjadi 2 kelompok. Kegiatan terakhir yaitu penutup memuat simpulan, refleksi, tanya jawab, tindak lanjutan, doa penutup, salam. Penerapan model Experiental Learning berjalan sesuai dengan rencana dan target nilai yang diharapkan. Hal tersebut dibuktikan dengan perbandingan nilai pretest dan posstest, yaitu pretest mencapai angka 80,35 dan posstest mencapai diangka 92,25. Selain data hasil tes, data nontes berupa observasi, angket, wawancara, dan dokumentasi mendapat respon positif dari pendidik bahas Indonesia kelas dan peserta didik kelas VIII F. Respon dari angket dan wawancara menandakan bahwa model Experiental Learning diakui sebagai model yang berpotensi mengubah suasana saat proses pembelajaran menjadi kondusif dan aktif. Selain itu, menambah rasa percaya diri dan kreativitas peserta didik. Dengan model Experiental Learning peserta didik dapat menunjukkan potensinya sehingga dapat berpikir kritis. Kata kunci: penerapan, model Experiental Learning, teks drama. 
Institution Info

Universitas PGRI Semarang