DETAIL DOCUMENT
PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MATERI BANGUN DATAR KELAS 4 BERBASIS PENDEKATAN OPEN-ENDED UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PENALARAN PESERTA DIDIK SD KOTA SEMARANG
Total View This Week0
Institusion
Universitas PGRI Semarang
Author
WIDYA, PANGESTIKA NUR
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2024-01-24 04:47:42 
Abstract :
PANGESTIKA NUR WIDYA. NPM 16120103. "Pengembangan Bahan Ajar Materi Bangun Datar Kelas 4 Berbasis Pendekatan Open-Ended untuk Meningkatkan Keterampilan Penalaran Peserta Didik SD Kota Semarang?. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI Semarang, pembimbing I Dr. Joko Sulianto, S.Pd., M.Pd., pembimbing II Mira Azizah, S.Pd., M.Pd. 2023. Bahan ajar matematika yang sudah ada belum meningkatkan keterampilan penalaran peserta didik. Hal tersebut bisa terjadi karena kurangnya motivasi dan semangat belajar peserta didik, pemilihan pendekatan yang kurang tepat, serta kurangnya kreatifitas dalam menyelesaikan soal yang peserta didik hadapi. Permasalahan dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimanakah bahan ajar yang digunakan dalam pembelajaran Matematika untuk meningkatkan penalaran peserta didik di Sekolah Dasar?, 2) Bagaimanakah langkah pengembangan bahan ajar dengan pendekatan open-ended?, 3) Bagaimanakah kelayakan bahan ajar berbasis pendekatan open-ended untuk meningkatkan penalaran di sekolah dasar?. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan langkah pengembangan bahan ajar dengan pendekatan open-ended untuk meningkatkan penalaran peserta didik di Sekolah Dasar dan mendeskripsikan hasil analisis kelayakan bahan ajar berbasis pendekatan open-ended. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian RnD (Research and Development) dengan menggunakan pendekatan berbasis open-ended. Hasil analisis angket validasi isi pada tahap I valid dan dapat digunakan, namun perlu revisi, sedangkan pada tahap II sangat valid dan dapat digunakan tanpa revisi. Hasil analisis angket validasi konstruk pada tahap 1 valid dan dapat digunakan, namun perlu revisi, sedangkan pada tahap II sangat valid dan dapat digunakan tanpa revisi. Hasil uji coba validasi isi sangat valid dan dapat digunakan tanpa revisi, sedangkan hasil uji coba validasi konstruk sangat valid dan dapat digunakan tanpa revisi. Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat disampaikan kepada guru sebaiknya lebih banyak memberikan latihan soal dengan metode open-ended supaya melatih keterampilan penalaran peserta didik dan saran untuk peserta didik lebih banyak lagi berlatih dalam menyelesaikan soal matematika. Kata Kunci : Open-Ended, Bangun Datar, dan Bahan Ajar 
Institution Info

Universitas PGRI Semarang