DETAIL DOCUMENT
PROFIL KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATEMATIKA DITINJAU DARI TIPE KEPRIBADIAN
Total View This Week0
Institusion
Universitas PGRI Semarang
Author
Nadziroh, Ulfatun
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2024-01-24 06:22:05 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kreatif siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika ditinjau dari tipe kepribadian (Sanguinis, Korelis, Melankolis dan Phlegmatis). Subjek pada peneltian ini berjumalah 4 orang siswa Kelas IX MTS AL-Mashyud Weleri yang telah digolongkan berdasarkan tipe kepribadian. Intrumen pada penelitian ini terdiri dari instrumen utama dan instrumen bantu. Instrumen Utama pada penelitian ini yaitu peneliti itu sendiri dan instrumen bantu menggunakan soal tes kemampuan berpikir kreatif, angket tipe kepribadian Hippocrates-Galenus, dan pedoman wawancara. Teknik analisis data yang digunakan menggunakan model miles and huberman yaitu reduksi data, penyajian data dan verification. Teknik pemeriksaan keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa tipe kepribadian sangunis mampu memenuhi 4 indikator berpikir kreatif yaitu fluency, flexibility, originality dan elabotation. Siswa dengan tipe kepribadian melankolis mampu memenuhi 3 indikator berpikir kreatif yaitu fluncy, flexibility dan originality. siswa dengan tipe kepribadian Phlegmatis mampu memenuhi 2 indikator berpikir kreatif yaitu flexibility dan originality, sedangkan siswa dengan tipe kepribadian korelis hanya mampu memenuhi 1 indikator berpikir kreatif saja yaitu flexibility. Kata Kunci : berpikir kreatif, tipe kepribadian, tipe kepribadian Florence Littauer 
Institution Info

Universitas PGRI Semarang